Breaking News:
Saturday, 5 February 2022
Kembali Dukung Ekspor Unggulan Daerah, Garuda Buka Rute Khusus Kargo Denpasar - Narita

Setelah Januari lalu rute Semarang - Singapura, Garuda Indonesia pada Rabu (2/2) kembali secara resmi mulai melayani penerbangan khusus kargo dengan rute Denpasar (DPS) - Narita (NRT), Jepang yang akan terhubung langsung dengan penerbangan kargo dari Manado (MDC).

Pada layanan perdana penerbangan khusus tersebut, Garuda Indonesia mengangkut sedikitnya 17 ton komoditas unggulan Bali, yaitu produk perikanan khususnya ikan tuna dan ikan hias serta general cargo lainnya dengan armada Airbus A330-300 yang memiliki kapasitas angkutan hingga 40 ton pada setiap penerbangannya.

Layanan penerbangan rute khusus Denpasar–Narita tersebut merupakan pengembangan dari rute Manado–Narita yang telah dilayani sejak akhir tahun 2020 lalu dan merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia untuk mendukung daya saing komoditas unggulan nasional khususnya Indonesia Timur dan sekitarnya yang dikenal dengan keunggulan produk kelautannya.

"Di tengah berbagai langkah pemulihan kinerja yang saat ini terus kami intensifkan, pengembangan lini bisnis kargo merupakan fokus bisnis yang terus kami optimalkan khususnya dalam melayani kebutuhan masyarakat. Sebagai national flag carrier tentunya menjadi komitmen kami untuk senantiasa berada di garda terdepan dalam mendukung upaya percepatan pemulihan ekonomi khususnya di berbagai kota destinasi Garuda Indonesia," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (3/2/2022).

Irfan menjelaskan, "Sebagaimana yang kita ketahui, Jepang dikenal sebagai salah satu negara dengan tujuan ekspor ikan tuna terbesar di dunia. Tentunya hal ini menjadikan Bali memiliki peran yang sangat strategis dalam ekspor komoditas perikanan nasional mengingat Bali merupakan salah satu penghasil ikan tuna terbesar di Indonesia."

Tambah Irfan, pembukaan layanan penerbangan khusus kargo Denpasar–Narita ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan daya saing kualitas produk komoditas ekspor dengan proses pengiriman melalui kargo udara yang lebih cepat, khususnya untuk produk unggulan seperti hasil perikanan yang memerlukan kecepatan waktu dan proses pengiriman guna menjaga kualitas kesegaran komoditas sehingga dapat menghasilkan produk yang lebih kompetitif di kancah global.

Sementara itu, Gubernur Bali, Wayan Koster, menyambut baik dan mengapresiasi pembukaan penerbangan khusus kargo dari Denpasar menuju Narita oleh Garuda Indonesia. Menurutnya, potensi ekspor produk pertanian, perikanan, dan industri lokal branding Bali cukup tinggi dan sangat diminati oleh para buyer di Luar Negeri.

“Untuk itu, diperlukan dukungan semua pihak termasuk Garuda Indonesia khususnya dalam memperlancar logistik sehingga produk-produk tersebut di atas memiliki daya saing yang tinggi dan dapat sampai ke buyer tepat pada waktunya," jelas Koster.

"Dengan dibukanya jalur penerbangan kargo dari Bali ke Jepang diharapkan ekspor Bali ke Jepang dapat meningkat. Harapan kami dengan adanya acara Pelepasan Penerbangan Cargo dari Bali ke Jepang dan negara tujuan ekspor lainnya akan dapat memulihkan dan mengembalikan denyut nadi perekonomian Nasional khususnya Bali yang terpuruk akibat Covid-19, dengan tetap mengutamakan penerapan protokol kesehatan untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di tengah tengah aktivitas masyarakat yang sudah mulai produktif," tutup Koster.

Author: Martin Jop / dok. lovebali.baliprov.go.id
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS