Wednesday, 9 November 2022
SiCepat Ekspres Hemat Biaya Sampai 30 %, Gunakan Cloud Amazon Aurora

Dalam meningkatkan kualitas mutu dan layanan pengiriman, SiCepat Ekspres terus berupaya berinovasi khususnya dalam penggunaan fitur-fitur teknologi yang dapat memberi kemudahan bagi operasional perusahaan maupun customer.

Salah satu inovasi yang dilakukan oleh SiCepat Ekspres dalam memperkuat sistem digital adalah penggunaan teknologi database milik Amazon Web Services (AWS) yaitu Aurora.

Amazon Aurora merupakan database relasional yang kompatibel dengan MySQL dan PostgreSQL yang dibuat untuk cloud.

Teknologi ini menggabungkan performa dan ketersediaan database umum perusahaan dengan database open source yang sederhana. Dengan database yang terus berkembang dari waktu ke waktu, SiCepat Ekspres membutuhkan teknologi Amazon Aurora untuk menampung data dengan kapasitas besar, performa cepat, dan memberikan user experience yang memuaskan kepada para customer.

Reynaldi Oeoen, Chief Technology Officer SiCepat Ekspres mengatakan bahwa SiCepat telah mengimplementasikan strategi digital untuk seluruh aktivitas operasional sejak pertama kali berdiri melalui teknologi cloud.

“Penggunaan Amazon Aurora saat ini merupakan langkah strategis kami dalam beralih dari sistem konvensional agar dapat terus mendukung skala operasional bisnis SiCepat yang terus bertumbuh,” ujar Reynaldi.

Teknologi cloud dari Amazon Aurora turut memberikan kemudahan dalam sistem operasional SiCepat Ekspres, di antaranya mempercepat proses penerbitan nomor resi serta penggunaan aplikasi kurir SiGesit, seperti SiCepat TMS (Transportation Management System) dan SiCepat POD (Proof of Delivery).

Reynaldi juga menjelaskan, “Penggunaan Amazon Aurora memberikan dampak positif bagi perusahaan tidak hanya dari sisi peningkatan performa, tetapi juga membantu SiCepat dalam mengatasi masalah replikasi, serta menghemat biaya untuk database hingga 30 persen.”

Atas keberhasilan tersebut, SiCepat Ekspres diundang sebagai pembicara dalam acara Amazon Web Services - Cloud Day Indonesia yang diselenggarakan pada 01 September 2022 di Grand Ballroom Ritz Carlton Hotel Pacific Place, Jakarta.

Sementara itu, The Kim Hai selaku Chief Executive Officer SiCepat Ekspres menjelaskan bahwa penggunaan teknologi cloud Amazon Aurora yang diimplementasikan dalam aplikasi SiCepat Superapp dapat memudahkan customer dalam mengakses seluruh layanan yang ditawarkan SiCepat.

“Sejalan dengan tagline kami ‘Ketika Semua Jadi Mudah’, inovasi yang dihadirkan SiCepat kepada para customer sebagai benefit dari penggunaan sistem Amazon Aurora dapat memberikan kenyamanan dalam mengakses berbagai fitur, di antaranya tracking paket, cek resi dan ongkos kirim (ongkir), layanan pick up, memantau status order, hingga mencari gerai terdekat untuk mengirim paket baik melalui website resmi sicepat.com maupun aplikasi SiCepat Superapp,” pungkas The Kim Hai.

Author: Martin Jop
GO Ina

Mencerminkan semangat J&T Express dalam 7 tahun memberikan pelayanan logistik pengiriman dan penggunaan teknologi demi mencapai operasional yang efisien

Details
November 30, 2022

Dengan selebrasi bersama JD Worldwide, JD.ID, dan JDL Express Indonesia bisa terus memberikan pelayanan terbaik, terpercaya dan diandalkan, untuk pelanggan

Details
November 19, 2022

Kemitraan berfokus pada eksplorasi penggunaan cloud Microsoft dalam mendukung transformasi digital Posindo, khususnya di bidang logistik

Details
November 17, 2022

Penghargaan ini didapat dari hasil survei Nielsen di 6 kota besar, yang mewakili lebih 20 juta konsumen kelas sosial ekonomi menengah dan atas.

Details
November 15, 2022

GENERAL NEWS