Breaking News:
Monday, 3 April 2023
Artha Cakra Logistik Bukan Spesialis, Tapi Kami Kerjakan Semua Layanan Logistik dengan Profesional

Sekitar Maret 2020 - akhir 2021, pandemi Covid berdampak pada industri jasa logistik baik secara kinerja maupun finansial, yang mengakibatkan beberapa perusahaan tutup/bangkrut, atau aktivitas tidak normal tapi bagaimana bisnis ini dapat bertahan. Dan di awal 2022, bisnis logistik mulai dapat bergerak untuk ke tahapan pemulihan, bahkan sudah ada yang merasakan pertumbuhan yang signifikan di akhir 2022.

Pasca pandemi, sekarang ini jasa logistik kembali perlu mempersiapkan diri menghadapi persaingan antar kompetitor lainnya, bahkan dengan yang sudah berbasis digital (start up). Maka perusahaan harus jeli dalam melihat peluang pasar, keinginan dan kebutuhan dari pelanggan. Perusahaan jasa logistik harus dapat memberikan jasa berkualitas dengan biaya yang kompetitif dan pelayanan yang prima, sehingga dapat menumbuhkan loyalitas.

PT Artha Cakra Logistik (ACL), yang berdiri sejak 2018, adalah salah perusahaan jasa logistik yang berorientasi ke masa yang akan datang. Oleh karena itu perusahaan harus berorientasi pada keinginan kliennya tidak semata mata untuk mendapatkan laba, mengingat sekarang ini klien sudah semakin kritis terhadap kebutuhan dan keinginan mereka.

“Kami selalu tertantang dan mendapatkan pengalaman berharga pada setiap pengiriman logistik yang kami tangani. Mulai dari pengiriman logistik domestik sampai internasional, kami antarkan barang pelanggan dengan penuh komitmen dan tanggung jawab sampai tujuan. Hampir seluruh Indonesia dan hampir 5 benua telah berhasil kami jangkau,” kata Muhamad Arief (Arief), Direktur Utama PT Artha Cakra Logistik, kepada Cargo Times secara eksklusif di gudang ground handling, Area Kargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta, (CKG).

Pengiriman DOC

Pada minggu kedua Maret 2023, Cargo Times mendapat kesempatan eksklusif meliput kegiatan ACL dalam mengirim Live Animal berupa Day Old Chick (DOC) ke Makassar, Sulawesi Selatan. Didampingi langsung oleh Arief, yang memberi penjelasan singkat proses transportasi DOC dari farming sampai terbang dengan pesawat.

“Awalnya truk bertemperatur pengangkut DOC datang ke gudang kargo di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta (1). Lalu box DOC ditempatkan sementara dalam Gudang (2). Sambil menunggu pemuatan, dalam body pesawat yg di charter, dimodifikasi tiang-tiang utk penahan dan mensejajarkan box DOC (3). Setelah selesai persiapan di pesawat, kembali ke gudang, box DOC dipindahkan ke cargo dolly (4), ditarik pakai traktor (5), dibawa ke apron (6), lalu di muat ke dalam body pesawat dengan mobil conveyor/lifter (7). Box ditata oleh staff ground handling dalam ruang yang sudah dimodif. Lalu dicek kembali lagi, semua pengamanan. Setelah dianggap clear, lalu pesawat berangkat ke destinasi yang dituju (8).”

Lanjut Arief, persiapan sebelum terbang maupun penanganan saat DOC tiba di tujuan (kandang) harus benar-benar direncanakan dengan teliti dan optimal, karena menyangkut daya tahan DOC. Jika memungkinkan transportasi DOC paling lama 3 - 4 jam, lebih cepat tiba di kandang lebih baik.

“Karena Live Animals jenis ini ternyata juga menyangkut jenis kargo sensitive waktu dan peran suhu yang terjaga. Jadi sama dengan kargo perishable.”

ACL telah mendapat kontrak kiriman DOC dari PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI) untuk 1 tahun ke segala tujuan dalam dan luar negeri. Pengiriman DOC harus dilakukan dengan pesawat terbang. Jadi dalam setahun ada sekitar 20 - 25 flight, dan ritme nya tergantung demand dari daerah domestik. “Jadi ada jeda sekitar 1 minggu, agar ayam indukan bisa menetaskan telur, dan DOC baru bisa dikirim ke daerah tujuan, seperti Medan, Aceh, Dili, Papua, hingga ekspor ke Singapore.”

Ketika ditanya CT bagaimana mendapat order pekerjaan pada waktu masa pandemi ? Dirut ACL itu menceritakan pada waktu ada Covid, banyak maskapai tidak beroperasi, akhirnya pengirman barang menumpuk. “Dari situlah peluang bisnis baru buat ACL. Kita bernegosisiasi dengan pemilik barang, dengan tujuan barang tersebut bisa dikirim sesuai tujuan. Oleh karena itu sampai saat ini kita ada Team Charter Flight. Syukur pengiriman yang tertunda sudah dapat dibereskan sejak 2020.”

Sebagai info, export perdana produk karkas ayam dan ayam olahan dari CPI, yang dipercayakan kepada ACL, menggunakan transportasi laut pada 13 Juli 2022, Indonesia tujuan Singapore. “Sedangkan export perdana pengiriman DOC sebanyak 85.850 ekor DOC FS layer, dikirim pada Senin 28 November 2022 dari Bandara Juanda Surabaya tujuan Singapura,” kata Arief.

“Bergerak Tanpa Batas”

ACL mempunyai misi menjadikan pengiriman dalam dan luar negeri lebih mudah dengan monitoring, dan komunikasi 2 arah antara perusahaan dan klien. “Oleh karena itu kami selalu berinovasi dan berevolusi dalam pelayanan terhadap pelanggan, selalu up-to-date trend perkembangan bisnis, sehingga kami nantinya tidak saja dapat menjadi perusahaan logistik yang patut diperhitungkan, tapi kami ingin agar pelanggan dan mitra dapat tumbuh kembang bersama,” urai Arief, atau biasa dipanggil dengan nama "Pak Ajo".

Meski banyak solusi logistik yang bisa dilakukan untuk klien, namun ACL selalu menghadirkan solusi manajemen pengiriman barang yang efisien, praktis, terintegrasi, dan juga transparan. “Kami mempunyai moto “Bergerak Tanpa Batas”, yang intinya pada waktu kapan saja kami siap kirim. Tidak dibatasi hanya transportasi udara saja tapi bisa laut dan darat, atau kombinasi 3 moda tersebut. Termasuk urusan administrasi terkait kepabeanan,” katanya.

Selain itu, lanjut Arief, ACL didirikan bukan menjadi perusahaan logistik yang khusus menangani Live Animal saja, seperti yang sudah berjalan sampai saat ini. “Masih ada produk solusi layanan logistik yang lain yang kami berikan kepada klien. Dan itu semua kami kerjakan secara profesional dengan team, baik untuk kiriman dalam dan luar negeri, dengan berbagai moda transportasi yang tepat.”

Berikut ini produk solusi layanan logistik dari dan keterangan tambahan mengenai keunggulan dari masing-masing produk yang disampaikan Pimpinan ACL kepada Cargo Times.

1. Airfreight (Angkutan Udara)

“Memang ini adalah layanan unggulan ACL, karena kami telah berpengalaman selama 15 tahun di berbagai freight forwarder di Indonesia. Sehingga pelanggan diharapkan bisa mendapatkan keuntungan dari sumber daya dan pengalaman yang kami miliki, dengan memberikan pelayanan yang handal dan harga yang kompeititf. Kami akan memenuhi semua kebutuhan pengiriman udara anda, baik itu pengiriman perorangan, perusahaan atau angkutan lainnya. Pilihan armada yang kami gunakan adalah maskapai-maskapai berkualitas dan telah berpengalaman selama puluhan tahun di semua negara. Terlepas dari apakah Anda mengirimkan barang yang mudah rusak, kargo berbahaya atau komoditas apa pun yang perlu dikirim cepat dan tepat waktu, Kami selalu memberikan solusi terbaik untuk Anda.”

2. Seafreight (Angkutan Laut)

Fitur layanan angkutan laut meliputi: Full Container Loaded (FCL atau Containerized), Less than Container Loaded (LCL atau Loose Cargo), dan layanan Break-bulk.

“Layanan angkutan laut ini telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sama halnya dengan udara, ACL akan meluangkan waktu untuk mengenal proses pengiriman barang klien dan memberi solusi angkutan laut yang paling efisien. Tim spesialis angkutan laut kami menyederhanakan opsi dan penghematan yang dapat kami tawarkan kepada Anda. Kami juga memiliki kerjasama yang sangat baik dengan beberapa jalur pelayaran domestik dan internsional, yang siap mengirim kargo ada sesuai tujuan.”

3. Consolidation

“Sistem terintegrasi tersebut akan mencakup tidak hanya transportasi, tetapi juga gudang dan penanganan logistik, mulai dari pengerjaan produk, pemuatan, pergudangan, hingga distribusi. Kami memiliki ahli khusus untuk memastikan bahwa kargo mencapai tujuan masing-masing tanpa kekurangan apapun.”

4. In-land Transportation (Angkutan Darat)

Transportasi darat ini biasanya menggunakan berbagai jenis mobil pick up, truk (CDE, CDD, Tronton Wingbox dan trailer), serta kereta api barang kargo dan kontainer.

“Ini salah satu servis kami yang favorit bagi klien, karena harga yang kompetitif. Dimana transportasi ini waktu pengiriman lebih cepat dari laut, tapi lebih lama dari udara. Namun demikian kami tetap memberi klien visibilitas waktu, akuntabilitas, dan layanan berkualitas tinggi secara konsisten.”

5. Custom Clearance

“PT Artha Cakra Logistik memiliki team teknis berpengalaman yang akan membantu barang klien untuk memproses custom clearance. Team kami mampu menangani kebutuhan klien saat diperlukan dan memungkinkan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku, seperti peraturan “in-house”. Kami bertekad untuk yang paling unggul untuk service Customs Clearance Impor kepada klien kami.”

6. Project Logistics

Project Logistics adalah istilah yang sangat sering digunakan untuk menggambarkan pengiriman barang besar, berat, bernilai tinggi atau critical terhadap proyeknya. Project Logistics bisa dinamakan juga sebagai Heavy Lift, yaitu mengangkut barang besar yang bentuknya asimetris atau tidak umum, melebihi dimensi dari ukuran petikemas lainnya. Contohnya angkutan mesin boiler, loko kereta api, dsb.

“Mengatur pengiriman project cargo atau heavy lift membutuhkan keahlian khusus. Proses perjalanan project cargo bisa dilakukan dalam satu kali atau beberapa kali pengiriman, dan dilakukan dengan bantuan mobil derek (crane) besar, truk, kereta api, pesawat terbang maupun kapal laut. Oleh karena itu perencanaannya harus tepat dan detil, terutama memastikan kelancaran dan keamanan.

ACL telah membangun reputasi yang hebat/sangat baik dengan tim operasional yang sangat berdedikasi dan memiliki pengertian yang sangat mendalam tentang penanganan barang besar tersebut melalui pelabuhan-pelabuhan, dan kerjasama dengan agen-agen transportasi lainnya.”

7. Charter Operation

Ketika kebutuhan pengiriman bersifat mendesak, keterbatasan waktu dan perlu penanganan yang khusus, maka penyewaan pesawat komersial atau khusus cargo (freighter) menjadi solusi terbaik.

“PT Artha Cakra Logistik sudah sangat berpengalaman dalam menangani pengiriman dengan menggunakan sewa pesawat sesuai kebutuhan konsumen, dalam waktu singkat. Kami akan memberikan solusi terbaik dalam penentuan jenis pesawat kargo untuk pengiriman barang melalui udara dengan solusi pertimbangan dan dengan harga yang terbaik sesuai dengan anggaran yang ada. Harga sewa pesawat kargo dapat kami sesuaikan dengan kebutuhan jenis pengiriman dengan membandingkan pengiriman dengan pesawat penumpang, sehingga efisiensi biaya dan tujuan pemenuhan jadwal pengiriman dapat dipenuhi.”

8. Warehouse Management

“Layanan fasilitas gudang untuk menunjang kegiatan proses distribusi dan pengiriman barang. PT Artha Cakra Logistik menyediakan fasilitas gudang yang berlokasi di Jabotabek, Bandung & Surabaya dengan pilihan lokasi terbaik untuk kemudahan akses transportasi, dan penanganan loading-unloading barang. Selain itu kami juga menjalin kerjasama dengan mitra-mitra pergudangan, utamanya untuk lokasi dimana belum ada jaringan perusahaan.”

9. Mover

Layanan jasa angkut barang pindahan rumah/kantor, utamanya pindahan antar pulau atau negara. Target utama dari layanan ini adalah para diplomat atau konsultan asing yang sudah habis masa tugas atau kontrak di Indonesia dan ingin kembali ke negara asal. Mereka ini ingin agar barang-barang atau perabotan rumah/kantor selama bertugas di Indonesia, dibawa ke negara asal/tujuan yang diinginkan.

“Layanan mover ini pasti melibatkan 2 moda transportasi, melalui transportasi darat, dan juga transportasi laut/udara. Dari lokasi asal diangkut menggunakan armada truk menuju pelabuhan untuk diteruskan pengirimannya memakai transportasi laut/udara ke negara tujuan.”


SDM

Mengenai human power (SDM) di PT Artha Cakra Logistik, meskipun ada beberapa order pekerjaan yang melibatkan banyak orang dan panjang birokrasinya, ternyata jumlah SDM di ACL tidak banyak. Bagaimana bisa ? Ternyata ACL menerapakan motto “Small is Beauty”, maksudnya tidak melibatkan banyak SDM. “Di ACL ada 15 orang pegawai. Yang perkuat adalah bagian Sales penjualan dengan 10 orang. Yang penting bisa mengcover semua pekerjaan dengan baik, dan juga dilakukan bermitra dengan stakeholders terkait untuk saling bersinergi,” tutup Arief.

Author: Mar/Dpar
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS