Breaking News:
Friday, 3 November 2017
Impor DOC, Akomodasi Tingginya Ayam Konsumsi

foto: Dokter Hewan Karantina Soekarno-Hatta melakukan pemeriksaan fisik dan kesehatan klinis umum pada anak-anak ayam didampingi oleh Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno-Hatta



Peternakan unggas di Indonesai hingga saat ini mengalami ketergantungan pada bibit ayam (grand parent stock/GPS) impor. Hal ini karena, industri peternakan nasional belum mampu untuk menciptakan bibit ayam ini. Tingginya kebutuhan konsumsi daging ayam maupun telur dalam negeri, yang semakin tinggi setiap tahun, memaksa Indonesia terus melakukan importasi. 
 
Pada malam Rabu, 18 Oktober lalu, puluhan ribu DOC (days old chicken/anak ayam umur sehari) tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, menggunakan pesawat KLM Royal Dutch Airlines. 

Anak-anak ayam grand parent stock (GPS) breed Cobb dengan jumlah total 21.420 ekor tersebut, sedianya akan dikembangbiakkan di satu peternakan di Malang, Jawa Timur. 

Selama transit di kargo bandara, Dokter Hewan Karantina Soekarno-Hatta melakukan pemeriksaan fisik dan kesehatan klinis umum terhadap anak-anak ayam tersebut didampingi oleh Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno-Hatta, Eliza Suryati Roesli. 

Untuk selanjutnya anak ayam diterbangkan kembali ke Malang dengan pengawalan petugas karantina hingga ke peternakan tujuan. 

Satu ekor GPS tersebut nantinya bisa menghasilkan kurang lebih 40 ekor ayam parent stock (PS) yang akan menghasilkan telur atau anak ayam.

Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS