Breaking News:
Tuesday, 31 October 2017
Malaysia Airlines Buka Kembali Rute Surabaya - Kuala Lumpur


Besarnya potensi pariwisata mendorong Malaysia Airlines membuka kembali rute penerbangan langsung dari Kuala Lumpur (KLIA) ke Surabaya (SUB). Targetnya, load factor atau tingkat keterisian minimal sebesar 80 persen.

Chief Commercial Officer Malaysia Airlines Arved von Zur Muehlen menyatakan, dengan dibukanya kembali rute penerbangan tersebut, total ada empat tujuan di Indonesia. Sebelumnya, pesawat Malaysia Airlines telah terbang ke Jakarta, Bali, dan Medan.

''Penerbangan langsung ke Surabaya ini dibuka untuk melayani permintaan yang tinggi dari pariwisata,'' katanya di sela-sela inagurasi penerbangan perdana di Terminal 2 Bandara Juanda, Minggu (29 Oktober).

Armada yang digunakan adalah Boeing 737-800 dengan total 160 kursi. Frekuensi penerbangannya empat kali seminggu. Malaysia Airlines akan melakukan penambahan frekuensi secara bertahap. ''Pada Desember nanti menjadi tiap hari,'' kata  Arved.

Regional Head South East Asia Malaysia Airlines Yusrizal Mohd Yousuf menjelaskan, segmen pasar wisatawan mendominasi rute penerbangan tersebut. Bukan hanya dari Malaysia, tetapi juga dari negara-negara lain di Asia Tenggara.

''Minat berkunjung dari Thailand, Vietnam, dan negara lain di ASEAN ke Indonesia, khususnya Surabaya, besar. Terutama untuk berwisata,'' katanya.

Selain segmen wisatawan, pasar potensial lain berasal dari korporasi dan para jamaah umrah. ''Kami optimistis load factor minimal 80 persen,'' kata Yousuf.

Saat ini pihaknya juga sedang mengkaji pengembangan rute baru ke wilayah lain di Indonesia. Rute-rute yang dinilai potensial, antara lain, Jogjakarta, Makassar, dan Lombok.

Sedangkan dari Kepala Dinas Pariwisata Jawa Timur Jarianto menjelaskan, potensi Jawa Timur untuk menyedot wisatawan asing sangat terbuka. Saat ini rata-rata load factor untuk seluruh penerbangan dari Malaysia di Bandara Internasional Juanda sebesar 70 persen.

Setiap bulan, rata-rata ada 65.887 kunjungan. ''Penambahan rute tersebut bisa meningkatkan aktivitas ekonomi di Jatim,'' dia menjelaskan.


Author: Martin Jop
GO Ina

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

GENERAL NEWS