Breaking News:
Sunday, 1 October 2017
PT Pos Indonesia Implementasi Sistem Sortir Otomotis Tercanggih

PT Pos Indonesia (Pos Indonesia), BUMN jasa kiriman surat, dokumen, dan paket, mengumumkan telah mengimplementasikan Sortation System yang canggih dari Grey Orange, perusahaan Otomatisasi dan Robotik yang bermarkas di Singapura.

Pengoperasian Sistem sortir berkinerja tinggi, yang dioperasikan Pos Indonesia diharapkan  dapat dipakai untuk mendistribusikan paket dan surat ke seluruh Indonesia.

Sebagai info, Indonesia adalah pasar e-commerce dengan pertumbuhan terbesar dan tercepat di Asia Tenggara.

Selain sebagai pasar e-commerce terbesar ke-3 di dunia setelah China dan India, e-commerce Indonesia memiliki pertumbuhan pesat yang diproyeksikan mencapai US$130 miliar pada tahun 2020.

“Pertumbuhan ritel dan e-commerce di Indonesia sangat fenomenal. Inilah saat yang tepat bagi industri logistik untuk mengadopsi teknologi terbaru. Meningkatnya permintaan akan pemenuhan dan pengiriman surat dan paket yang menuntut efisiensi, akurasi dan ketelusuran yang lebih tinggi, telah berkembang dengan stabil. Kami membutuhkan sistem sortasi yang memungkinkan penanganan volume yang lebih besar sehingga kami dapat memenuhi kebutuhan akan pengiriman di hari yang sama atau hari berikutnya secara akurat dan efisien. Sistem sortasi Grey Orange memungkinkan kami melakukan hal tersebut," kata Gilarsi W. Setijono, CEO PT Pos Indonesia pada 22 September lalu.

Grey Orange yang berkantor pusat di Singapura, diakui sebagai salah satu dari 50 Perusahaan Robotika Top Dunia oleh Robotics Business Review. Perusahaan ini juga dikenal ahli dalam merancang, membuat dan menerapkan sistem robotika dan otomatisasi canggih untuk pusat distribusi dan pemenuhan pesanan pelanggan.

Pengimplementasian Grey Orange Linear Sorter di Pos Indonesia adalah penginstalasian ke-50 secara global. Sistem ini terdiri dari software canggih dan sistem sortir berkecepatan tinggi, yang telah lulus uji coba pada berbagai macam aplikasi untuk menangani sortasi yang memiliki volume besar, seperti pada industri consumer goods, pakaian jadi dan ritel di seluruh Asia dan Amerika Latin.       

Pos Indonesia menangani paket dan surat dengan volume lebih dari 500.000 item per hari dan menyediakan layanan terpadu untuk pemerintah, BUMN, pengusaha online, dan platform e-commerce, seperti Lazada dan BukaLapak.  

Dipilihnya The Grey Orange Linear Sorter karena sistem ini menggabungkan jajaran konveyor berkecepatan tinggi – mampu menangani berbagai macam paket dalam berbagai bentuk dan ukuran termasuk polybags, serta paket yang mudah rusak dan tidak beraturan - dengan software canggih yang disesuaikan untuk menangani volume dan jenis paket serta surat khusus untuk Pos Indonesia.

Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS