Breaking News:
Saturday, 8 September 2018
AP 1 dan Dirjen Hubud Tandatangani Kesepakatan Pengelolaan Bersama Dua Bandara

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Pramintohadi Sukarno dan Dirut AP I Faik Fahmi menunjukkan kesepakatan kerjasama, di Jakarta


PT Angkasa Pura I (AP I) atau Angkasa Pura Airports melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Dirjen Hubud) terkait rencana kerja sama dan penyusunan kajian pengalihan pengelolaan Bandara Sentani Jayapura dan Bandara Sis Al-Jufrie Palu, pada Kamis (6/9) di Jakarta.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama AP I Faik Fahmi dan Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Pramintohadi Sukarno.

Nota kesepahaman ini merupakan landasan awal atas rencana kerja sama dan bertujuan untuk menyusun kajian rencana pengalihan pengelolaan Bandara Sentani dan Sis Al-Jufrie yang saling menguntungkan, efisien, berkelanjutan, dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Angkasa Pura Airports siap menerima penugasan untuk mengelola Bandara Sentani Jayapura dan Sis Al-Jufri Palu dan mengembangkannya secara komersial bersamaan dengan peningkatan pelayanan kepada para pengguna jasa bandara. Hal ini juga diharapkan dapat menstimulus pengembangan daerah yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian daerah,"  kata Dirut AP I Faik Fahmi.

Adapun ruang lingkup kesepakatan bersama ini adalah rencana kerja sama pengalihan pengelolaan Bandara Sentani dan Sis Al-Jufrie yang meliputi pemanfaatan barang milik negara dengan pola Kerja Sama Pemanfaatan (KSP).

Pada kesepakatan bersama ini, AP I akan mengeksplorasi peluang kerja sama Sentani dan Sis Al-Jufrie yang berkelanjutan dengan menyusun proposal kerjasama pemanfaatan barang milik negara pada Bandar Udara Sentani Jayapura, termasuk di dalamnya rencana investasi sesuai rencana induk bandar udara dan rencana investasi sesuai proposal kerjasama pemanfaatan barang milik negara pada Bandar Udara Sentani Jayapura yang diajukan.

"Hasil kajian ini nantinya akan dievaluasi oleh Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dan dijadikan dasar pertimbangan untuk pembuatan perjanjian kerja sama. Kami harap rencana pengalihan pengelolaan secara komersial kedua bandara di timur Indonesia ini akan membawa kontribusi positif terhadap pemerataan pengembangan perekonomian daerah,” ujar Faik Fahmi.

“Penandatanganan ini merupakan langkah awal bagi semua pihak yg terlibat untuk turut serta mengembangkan potensi-potensi ekonomi di Papua dan Sulawesi Tengah, khususnya Bandara Sentani, Jayapura dan Bandara Mutiara Sis Al-Jufrie, Palu dan upaya memberikan dampak positif bagi masyarakat Papua dan Sulawesi Tengah,” tambah Pelaksana Tugas Dirjen Perhubungan Udara RI, Praminto Hadi.

Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS