Thursday, 21 June 2018
Menhub Puji Kinerja Airnav di Libur Lebaran

Menteri Perhubungan Budi Karya S. melakukan kunjungan ke Posko Utama Nasional Lebaran di Bandara Soekarno Hatta, pada Selasa (19/6). Dalam kesempatan tersebut, Menhub juga mengunjungi Airnav Indonesia di kawasan Bandara Soekarno Hatta. Menhub mengapresiasi kinerja Airnav yang tetap bekerja pada saat libur lebaran.

“Saya tahu teman-teman di Airnav sangat sibuk dan bekerja detail, bisa dibayangkan saat orang berhari raya lebaran, mereka bekerja dengan angka-angka yang sangat detail. Saya sangat mengapresiasi kinerja Airnav. Saya kesini juga memberikan semangat bagi teman-teman di sini,” jelas Menhub.

Dalam setiap 1 jam terdapat 83 pergerakan pesawat udara yang take off maupun landing dan petugas Airnav hanya diberi waktu 1,5 menit untuk pergerakan pesawat tersebut.

“Di bandara Soekarno-Hatta itu 1 jam ada 83 movement take off dan landing dan tadi kita lihat setiap 1,5 menit di setiap tempat itu take off dan landing. Mereka hanya diberikan waktu 90 detik untuk take off setelah pesawat yang satunya landing atau sebaliknya. Ini membutuhkan ketelitian yang luar biasa,” jelas Menhub

Hal senada disampaikan oleh Direktur keselamatan, Keamanan dan Standardisasi Airnav Yurlis Hasibuan yang mengatakan pergerakan tertinggi pada H-2 yang mencapai 1.397 pergerakan.

“Kita hanya boleh memberi perjamnya itu 83 (movement). Sekarang ini pengaturannya lebih baik sehingga kalau ada antrian di runway utara, kita suruh pilotnya menggeser ke runway selatan sehingga take off nya lebih pendek, antriannya juga lebih pendek,” kata Yurlis.

Menhub mengungkapkan akan meningkatkan dengan membangun east cross taxiway. Pembangunan ini bertujuan untuk mendukung pergerakan pesawat yang lebih dinamis di Bandara Soekarno Hatta.

“Dengan penambahan runway ketiga itu kalau selama ini kita lama menunggu untuk take off itu akan tereduksi 50%. Sehingga ini mendukung pergerakan pesawat menjadi lebih efisien,” tutup Menhub.

Author: Martin Jop
GO Ina

Dengan CSC, pengirim tidak perlu membawa paketnya ke bandara. Cukup datang ke outlet CSC, barang akan dikirim langsung ke tujuan.

Details
September 23, 2018

Dengan sinergi, kedua anak usaha BUMN ini diharapkan mampu merintis jalan guna dilanjutkan kerjasama yang saling menguatkan

Details
September 21, 2018

Indonesia patut berbangga sukses menjadi penyelenggara cabang equestrian yang membawa kuda sebagai sarana kompetisi olahraga.

Details
September 20, 2018

AP II sebagai penyelenggara event mempercayakan Garuda Indonesia untuk mengangkut 32 ekor kucing dari berbagai kota di Indonesia

Details
September 19, 2018

GENERAL NEWS