Breaking News:
Friday, 8 June 2018
Resmikan Terminal Baru Bandara Ahmad Yani, Presiden Minta Runway Diperpanjang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (7/6/2018) meresmikan terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani, di Semarang, Jawa Tengah, yang juga merupakan bandara terapung di atas air yang pertama di Indonesia.

Presiden mengatakan meskipun Bandara Internasional Kertajati, Majalengka dan Bandara Ahmad Yani, Semarang sama bagusnya, namun kelebihan Terminal Baru Bandara Ahmad Yani yakni dari sisi lingkungan.

“Dulu, kita harus ingat ya, dulu, bandara yang dulu kapasitasnya hanya 800.000 orang per tahun yang sekarang meloncat menjadi 6,5 juta penumpang per tahun, jadi lompatannya hampir 8 kali dari 800.000 menjadi 6,5 juta penumpang per tahun, kenaikan yang sangat tinggi sekali,” Presiden menjelaskan.

Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani, menurut Kepala Negara, adalah salah satu pembenahan dari "gerbang langit" di Jawa Tengah dan salah satu infrastruktur di Indonesia.

“Fasilitas-fasilitas baru yang dibuat, ini akan memanjakan penumpang, melayani penumpang, memberikan kenyamanan kepada penumpang, apalagi tadi sudah saya sampaikan bangunan fisik dan pengelolaannya menggunakan konsep ramah lingkungan, eco-green,” tambah Presiden.

Kepala Negara juga menyampaikan bahwa juga ada pelayanan peningkatan untuk kargo, dari 10.000 ton per tahun menjadi 16.000 ton per tahun. Artinya, tambah Presiden, kesempatan pengiriman kargo keluar negeri menjadi sangat terbuka.

“Yang belum satu, runway-nya masih kurang panjang Pak Menteri. Masih berapa ini? 2.500 kelihatannya, benar ya? Ya 2.500. Jadi saya minta paling lambat akhir tahun depan itu sudah tambah jadi 3.000,” puji Presiden seraya meminta agar runway diperpanjang memenuhi standar internasional.

Tampung 6,9 juta penumpang

Sementara itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani memiliki luas 58.652 M2 dan diperkirakan dapat menampung penumpang sebanyak 6,9 juta penumpang/tahun. Luas terminal baru tersebut 9 kali lebih besar dari terminal yang lama.

"Dari sisi darat terminal baru ini memiliki luas 58.652 M2 dan diperkirakan dapat menampung penumpang sebanyak 6,9 juta penumpang/tahun, jika dibandingkan dengan terminal yang lama 9 kali lebih besar yang memiliki luas 6.708 M2 dengan daya tampung 800.000 penumpang/tahun," Menhub menjelaskan.

"Sedangkan dari sisi udara Bandara Internasional Ahmad Yani memiliki luas apron 72.522 M2 sehingga dapat menampung 12 parking stand untuk pesawat narrow body," tutup Menhub Budi Karya.

Di akhir sambutan, Presiden menitipkan kepada pengelola (PT Angkasa Pura I/Angkasa Pura Airports), kepada para penumpang, khususnya masyarakat Jawa Tengah, warga di Semarang agar Terminal Baru Bandara Ahmad Yani ini dijaga bersama-sama karena ini adalah milik bersama dan untuk kepentingan bersama.

Author: Martin Jop
GO Ina

TIKI memprediksi akan terjadi pertumbuhan volume kiriman antara 20-25 persen di Bulan Ramadhan 2024

Details
March 14, 2024

Melalui kerjasama sebagai pendukung logistik BBW tahun ini, diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pecinta buku di Indonesia

Details
March 1, 2024

IAS memastikan seluruh logistik tiba dengan aman, menyambut tim dan para peserta dengan keramahtamahan khas Indonesia, hingga kebersihan area balap

Details
February 29, 2024

TIKI ada dalam tiap kanal komunikasi termasuk kanal digital yang digunakan pelanggan, sehingga TIKI tetap dekat dengan pelanggan.

Details
February 28, 2024

GENERAL NEWS