Breaking News:
Wednesday, 10 February 2021
Dukung Energi Alternatif, Pos Indonesia Mulai Gunakan Motor Listrik

Sebagai wujud dukungan atas program Pemerintah dalam menerapkan kendaraan elektrik (Electronic Vehicle) yang ramah lingkungan dan membantu pengembangan teknologi transportasi masa depan, BUMN jasa layanan kiriman pos dan ekspres, PT Pos Indonesia (Persero) menjalin kerjasama dengan PT HPP Energy Indonesia (PT. HEIN) dalam penggunaan sepeda motor bertenaga listrik dan penyediaan anjungan penukaran baterai.

Kerjasama ini berupa penggunaan sepeda motor listrik yang dipergunakan oleh pengantar Pos Indonesia dan penyediaan tempat untuk penempatan BEX (Battery Exchange Station / Anjungan Tempat Penukaran Baterai) yang dipasang di beberapa lokasi Kantor Pos.

"Pada tahap tahap awal ini akan digunakan sebanyak 20 unit sepeda motor listrik yang tersebar di Bandung 10 Unit - 5 unit di Delivery Center/DC Pos Asia Afrika, dan 5 unit di DC Pos Ujung Berung). Ada juga 10 Unit di Sentral Pengolahan Pos (SPP) Denpasar", kata Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), Faizal Rochmad Djoemadi pada acara Kerjasama Penggunaan Sepeda Motor Listrik dan Penukaran Baterei di Kantor Pos Bandung (05/02).

Lanjutnya, untuk penyediaan lokasi pemasangan BEX sebanyak 5 unit tersebar 1 unit di Kantor Pos Bandung, 1 unit di Kantor Pos Ujung Berung, dan 3 unit di SPP Denpasar.

Sementara itu di tempat yang sama, Presiden Director PT HEIN, Murakami mengatakan: "Kerjasama saat ini belum komersial, karena masih dalam bentuk penelitian dan pengkajian oleh PT HEIN akan penggunaan sepeda motor listrik dan baterainya."

Murakami menguraikan, dalam hal ini PT HEIN akan menerima data atas penggunaan sepeda motor lisrik yang dipergunakan oleh pengantar Pos Indonesia secara on line untuk keperluan penelitian terhadap mesin dan pemakaian baterai, karena telah terpasang Telematics Control Unit (TCU) pada setiap sepeda motor listrik tersebut.

Jangka waktu kerjasama tahap awal ini mulai Januari sampai dengan Juni 2021, dan selama pelaksanaan kerjasama akan dilakukan pembicaraan untuk peningkatan kerjasama yang lebih luas dalam menunjang penggunaan energy listrik sebagai energy alternatif ramah lingkungan.

Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS