Tuesday, 15 November 2022
SiCepat Operasikan 4 Mesin Sortir Untuk Optimalkan Pengiriman

SiCepat Ekspres (SiCepat) melakukan langkah inovatif untuk mengoptimalkan proses sortir paket dengan memanfaatkan teknologi mesin sortir otomatis. Peralihan proses sortir dari manual ke otomasi mesin telah dimulai sejak tahun 2021 lalu. Hingga saat ini, SiCepat Ekspres telah memiliki 4 (empat) mesin sortir yang tersebar di wilayah Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Karawang.

Mesin sortir ini memiliki kemampuan memilah sebanyak 12 ribu hingga 24 ribu paket per jam. Besar kecepatan mesin sortir juga disesuaikan pada tiap wilayah yang telah teroptimalisasi. Penggunaan mesin ini dikhususkan untuk gerai-gerai di wilayah dengan volume paket yang tinggi, agar proses sortir dan operasional lebih optimal serta mempercepat proses pengiriman paket.

“Pada tahun 2022 ini kami menghadirkan tiga mesin sortir lainnya di tiga wilayah dengan jumlah kiriman paket terbanyak di Indonesia yaitu, Bandung dan Jakarta dengan kapasitas 24 ribu paket per jam, dan Cikapur Karawang dengan kapasitas 12 ribu paket per jam,’’ kata Murwanto, Chief Operating Officer SiCepat Ekspres.

Tambahnya, performa operasional SiCepat di sisi penyortiran paket mengalami kenaikan efektivitas hingga 250% dari semula 30-40 ribu paket per hari dengan sortir manual, kini menjadi 100-130 ribu pada hari biasa. Tidak hanya itu, pada peak season, SiCepat dapat menyelesaikan penyortiran sebanyak 350 ribu paket per hari.

“Inovasi penggunaan teknologi mesin sortir otomatis ini merupakan salah satu upaya untuk mempersiapkan operasional yang lebih efektif dan efisien terutama di wilayah dengan volume paket yang besar. Percepatan proses sortir ini tentunya mendukung SiCepat dalam menyediakan layanan pengiriman yang semakin cepat dengan SLA yang tetap terjaga,’’ The Kim Hai, Chief Executive Officer SiCepat Ekspres, menjelaskan.

Author: Martin Jop
GO Ina

Konser musik menjadi salah satu pagelaran hiburan yang selalu dinanti-nanti kalangan anak muda, sehingga TIKI berinisiatif meluncurkan program BATIK.

Details
January 12, 2023

Perayaan ini menjadi momentum menjalin persatuan antar karyawan, dan menghadirkan semangat untuk perubahan yang lebih baik lagi.

Details
January 12, 2023

Fokus koloborasi adalah pengiriman produk kepada konsumen secara langsung melalui rute penerbangan, operasional bandara, dan jaringan pos darat.

Details
January 4, 2023

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Maria Kristi Endah Murni mengatakan “Pada saat penandatangan, Kami berkomitmen awal tahun 2023 kegiatan angkutan udara perintis ini dapat beroperasi, dan alhamdulillah Korwil Dabo Singkep sudah memulainya. Korwil-korwil lain untuk segera mengoperasikan pelayanan perintisnya agar manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.”

Details
January 2, 2023

GENERAL NEWS