Breaking News:
Sunday, 20 August 2023
Dukung Pelestarian Satwa Indonesia, Garuda Indonesia Angkut 6 Komodo ke Labuhan Bajo

Terus perkuat komitmennya dalam upaya pelestarian satwa khas Indonesia, flag carrier, Garuda Indonesia pada Selasa (15/08) mengangkut 6 ekor komodo dari Jakarta untuk menuju Labuan Bajo atau translokasi ke habitat alaminya. Upaya Garuda Indonesia ini sebagai bentuk dukungan pada program translokasi satwa dilindungi yang digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penerbangan translokasi tersebut dilaksanakan pada rute penerbangan GA 452 Rute Jakarta (CKG) - Labuan Bajo (LBJ) yang diberangkatkan pada pukul 11.10 waktu setempat dengan menggunakan armada B737-800NG. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Cagar Alam Wae Wuul di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan “Memiliki makna tersendiri bagi kami sebagai national flag carrier dapat turut berpartisipasi dalam upaya pemerintah untuk melestarikan berbagai satwa khas Indonesia salah satunya Komodo yang merupakan fauna yang dilindungi.”

Irfan melanjutkan bahwa Garuda Indonesia memastikan proses translokasi 6 (enam) ekor komodo tersebut telah memenuhi seluruh prosedur dan dokumen yang diperysaratkan khususnya terkait dengan pengangkutan live animal sesuai dengan regulasi internasional dari International Air Transport Association (IATA) serta peraturan karantina dan kepabeanan di Indonesia.

Selain itu Garuda Indonesia juga memastikan seluruh petugas yang bertugas dipastikan telah memiliki Live Animal Certificate untuk memastikan keamanan dan keselamatan Satwa hingga tiba di tujuan.

Keenam komodo tersebut sebelumnya merupakan satwa yang dititipdan dirawat di Taman Safari, Cisarua, Bogor untuk dikembangbiakan untuk selanjutnya dikembalikan ke habitatnya di Cagar Alam Wae Wuul, NTT.

Sebagai info, Garuda Indonesia juga sebelumnya juga melakukan penerbangan serupa baik domestik maupun internasional melalui program repatriasi kargo “Live Animal” diantaranya Orangutan, Kakatua Jambul Kuning, Cendrawasih kuning kecil, Buaya Irian, Ular sanca hijau, labi-labi moncong babi, Kura-kura Rote, dan Snow Leopard.

“Tentunya kepercayaan kepada Garuda Indonesia untuk dapat berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan ini menjadi optimisme tersendiri bagi kami untuk memperkuat komitmen Garuda Indonesia untuk senantiasa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan dengan melalui layanan penerbangan yang aman, nyaman dan terpercaya.”, tutup Irfan.

Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS