Breaking News:
Wednesday, 16 August 2023
Rakernas ASPERINDO Angkat Tema Digitalisasi dan Kolaborasi, Sekaligus Peringatan HUT RI ke-78

kiri - kanan: Para pengurus dan anggota Asperindo, dan Ketua Umum ASPERINDO M. Feriadi Soeprapto sedang memimpin upacara HUT RI-78 di acara Rakernas Asperindo (dok. dpar)


Hari ini adalah hari yang sangat berarti bagi bangsa Indonesia. Tepat 78 tahun yang lalu, sebuah peristiwa yang sangat amat bersejarah terjadi. Tepatnya pada 17 Agustus 1945, di mana Kemerdekaan Republik Indonesia diproklamirkan. Alhamdulillah, sampai hari ini bangsa Indonesia telah menikmati alam kemerdekaan.

Dalam momen yang bertepatan dengan memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun, kali ini Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (ASPERINDO) mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dengan mengusung tema "Digitalisasi dan Kolaborasi untuk Ketahanan Industri Pos Nasional". Dua unsur kata Digitalisasi dan Kolaborasi menjadi tema sentral Rakernas kali ini untuk mewujudkan Ketahanan Industri kita bersama.

Acara pembukaan Rakernas dan Upacara HUT RI ke-78 yang dilaksanakan pada Kamis,17 Agustus 2023, di Hotel Mercure Jakarta Batavia, dihadiri seluruh unsur organisasi ASPERINDO yaitu Para Wakil Perusahaan Anggota, Pengurus DPP dan Wakil dari Pengurus DPW dan DPD dari seluruh Indonesia.

Kegiatan rakernas ini diselenggarakan dalam rangka memenuhi amanat organisasi sesuai Anggaran Dasar pasal 26 dan Anggaran Rumah Tangga pasal 30. Pesan tema ini akan menjadi motivasi kuat bagi ASPERINDO untuk evaluasi program kerja yang sudah dirumuskan pada Munas yang lalu dan mengevaluasi Anggaran Dasar- Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) pada pembahasan-pembahasan di rapat-rapat komisi dan pleno pada Rakernas kali ini.

Keputusan pada Rakernas ini akan sangat bermanfaat dan menjadi rujukan Musyawarah Nasional (Munas) yang akan dilaksanakan pada tahun 2025.

Bersaing Namun Bersanding

Pada hakekatnya semua perusahaan dalam sebuah Industri saling melakukan kompetisi. Posisi semuanya berkompetisi sejak dilahirkan. Bersaing satu sama lain. Misalnya di acara Rakernas kali ini, para Anggota Asperindo bertemu, kelihatannya bersalaman, baik-baik, tapi semua sebenarnya saling berkompetisi dan bersaing. Semua terlihat berangkul-rangkulan, salam-salaman tapi sebetulnya juga akan selalu berkompetisi, saling berebut hati pelanggan, saling berebut teknologi unggul, saling berebut sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul.

Pada Rakernas kali ini ASPERINDO ingin mengkonsolidasikan para anggota tentang norma yang disepakati organisasi dalam berkompetisi antar anggota yaitu BERSAING NAMUN TETAP BERSANDING. Salah satu tafsirnya adalah seluruh anggota wajib menjaga cara dan bentuk berkompetisi yang sehat. Berkompetisi harus diterjemahkan menjadi sebuah perlombaan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan dan tercipta pertumbuhan industri pos nasional yang tetap sehat.

ASPERINDO ingin mengulangi pesan penting kepada para anggota untuk kembali memilih jalan yang telah disepakati ini. Wujud nyata dari pesan bersaing namun tetap bersanding adalah digitalisasi dan kolaborasi sesuai tema rakernas ini.

Tuan Rumah Di Negeri Sendiri

Sudah 78 tahun bangsa Indonesia terlepas dari belenggu penjajahan dan menjadi bangsa yang merdeka dan bersatu. Kemerdekaan harus disyukuri dengan berbagai macam upaya, agar “segala jenis penjajahan” dapat dilalui dengan penuh kemenangan.

Kita memang telah merdeka dari bentuk penjajahan kuno, tetapi kita jangan terjebak dengan bentuk penjajahan baru. Bentuk penjajahan baru tersebut dapat berupa tidak siapnya kita untuk menjadi bangsa besar yang dapat berdiri sendiri. Dalam perspektif industri pos nasional, ASPERINDO berharap para perusahaan pelaku industri pos nasional harus tetap bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

ASPERINDO berniat dan bertekad pelaksanaan Rakernas ini bisa berjalan dengan sungguh-sungguh sehingga bisa membuahkan hasil yang lebih baik untuk kepentingan organisasi dan para Anggota Asperindo di masa mendatang, dan tentunya juga untuk kepentingan masyarakat Indonesia sebagai pelanggan yang berdaulat, bangsa dan negara yang tercinta. Merdeka!!!

Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS