Breaking News:
Saturday, 11 November 2017
Presiden Mengharapkan N219 Nurtanio Harus Bisa Dipasarkan

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada pers sesudah acara pemberian nama N219 Nurtanio di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, 10 Nopember 2017 (dok. setkab)


Saat memberikan keterangan kepada pers setelah pemberian nama N219 Nurtanio dan sebelum keberangkatan ke Vietnam di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (10/11), Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menyampaikan bahwa pesawat N219, yang baru resmi diberi nama Nurtanio, harus bisa dipasarkan.

“Kalau ini sudah selesai, artinya proses berikutnya adalah proses bisnis. Harus bisa dipasarkan. Harus bisa masuk ke komersial. Harus bisa masuk ke dunia industri. Artinya memang harus ada yang beli,” kata Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, sejumlah menteri termasuk Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Tiga Kepala Staf dari KSAU, KSAD, KSAL. 

Lebih lanjut, Presiden menyampaikan harapan bahwa dengan proses bisnis yang dijalankan untuk pesawat N219 Nurtanio ini akan memberikan dampak kepada berkembangnya industri di Indonesia utamanya industri pesawat akan makin berkembang.


Keunggulan Pesawat N219 

Pesawat N219 merupakan pesawat angkut ringan yang memiliki kemampuan dapat beroperasi di daerah penerbangan perintis (pedalaman, terpencil, dan terluar). Pesawat N219 memiliki keunggulan-keunggulan seperti: 

- Dapat lepas landas dalam jarak pendek 

- Dapat lepas landas dan mendarat di landasan yang tidak beraspal 

- Bisa self starting tanpa bantuan ground support unit 

- Dapat beroperasi dengan ground support equipment yang minim 

-  Memiliki kabin terluas dikelasnya dan memiliki biaya yang kompetitif. 

- Dapat terbang rendah dengan kecepatan yang sangat rendah mencapai 59 knots. 

 - Multihop Capability Fuel Tank, teknologi yang memungkinkan pesawat tidak perlu mengisi ulang bahan bakar untuk melanjutkan penerbangan ke rute berikutnya. 

Pesawat N219 Nurtanio mampu menjawab kebutuhan yang melayani operasional bandara perintis dan optimis mampu menguasai pasar pesawat terbang di kelasnya.  

Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS