Breaking News:
Friday, 9 July 2021
Ada PPKM Darurat di Jakarta, JNE Tetap Normal Melayani Kiriman Paket

Mulai 3 Juli lalu, pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Imbas dari peraturan ini, banyak dilakukan penyekatan jalan dan penutupan kegiatan perkantoran, mal, tempat peribadatan dan sebagainya, termasuk PPKM Mikro di banyak wilayah perumahan.

Namun, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman dan logistik, JNE termasuk bidang usaha yang diperbolehkan beroperasi selama masa PPKM Darurat yang berlangsung hingga 20 Juli nanti tersebut. Hal ini pun sesuai dengan himbauan Kemenkominfo RI kepada seluruh perusahaan penyelenggara pos.

Meski adanya kebijakan PPKM Darurat, pelayanan distribsui paket kiriman kepada customer tetap berjalan normal. JNE Hub Selatan mengerahkan sekitar 400 kurir, baik itu kurir motor maupun kurir mobil. Jumlah ini normal seperti hari biasanya”, terang Satal, Supervisor JNE Hub Jakarta Selatan..

“Terkait ada beberapa kantor yang tutup, saat delivery, kurir melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan customer. Dengan persetujuan customer yang bersangkutan, apakah paketnya dikirim ke alamat lain atau disimpan dulu di JNE Hub Selatan yang ada di kawasan Veteran, Lebak Bulus, Jakarta Selatan,” terangnya.

Begitu juga, misalnya ada kawasan perumahan ditutup, maka para kurir akan berkomunikasi dengan customer, di mana paket bisa diterima, apakah itu di gerbang perumahan, dititipkan security atau bisa juga diambil langsung oleh customer ke kantor JNE Hub Selatan. “Kita pastikan bahwa selama pemberlakuan PPKM Darurat pelayanan distribusi paket JNE tetap berjalan normal seperti biasanya,” jelas Satal.

Senada dengan Satal, menurut Hadi Kusmanto, Supervisor JNE Hub Muara Angke, Jakarta Barat, menegaskan bahwa operasional JNE berjalan normal. Namun, diakuinya kawasan Jakarta Barat banyak perkantoran dan pusat bisnis perdagangan seperti Glodok pada tutup.

“Solusinya, kurir kita komunikasi dengan customer, apakah customer tersebut minta dikirim ke alamat lain yang mereka kehendaki atau sementara paketnya disimpan di JNE Hub Muara Angke. Untuk itu kita juga memberikan pelayanan selama 24 jam untuk memudahkan customer yang ingin mengambil sendiri paketnya,” kata Hadi.

Untuk JNE Hub Muara Angke, menurut Hadi, selama PPKM Darurat mengerahkan sekitar 400 kurir motor (rider) dan 200 kurir mobil (driver). “Semua kurir kita pastikan dalam kondisi prima dan sehat, karena kalau ada yang sakit meski gejala ringan tidak diperbolehkan masuk kerja. Paket pun sebelum di-delivery sudah kita sterilisasikan,” tandas Hadi.

Hal serupa juga berlaku di daerah Jakarta Timur. Proses delivery berjalan normal seperti biasa, para kurir yang rumah tinggalnya di luar Jakarta selama PPKM Darurat, sudah diberikan surat rekomendasi dari kementerian terkait yang membolehkan pekerja di sektor logistik tetap bekerja seperti biasa.

“Untuk paket kiriman yang area delivery-nya terkena penutupan seperti ITC Cililitan, maka terlebih dahulu berkomunikasi dengan customer dan sesuai kesepakatan, apakah paketnya akan dikirim ke alamat lain atau akan diambil sendiri ke gudang di Cimanggis, Depok, atau ke JNE Hub Timur, tergantung alamat tedekat dengan area delivery”, jelas Gunawan, Supervisor JNE Hub Timur.

“JNE Hub Timur seperti biasanya setiap hari mengerahkan sekitar 400 kurir motor dan 44 kurir mobil, termasuk saat PPKM Darurat seperti sekarang ini. Selama PPKM Darurat, kendala di lapangan bisa teratasi oleh rekan-rekan kurir, karena memang mereka juga sudah membawa bekal surat rekomendasi kerja, dan brand JNE sudah dikenal luas sebagai perusahaan pengiriman dan logistik jadi memudahkan kurir di lapangan,” tutup Gunawan.

Author: Martin Jop
GO Ina

Program yang diberi nama Dapur TIKI ini akan tayang setiap Kamis selama Bulan Ramadhan di Youtube Channel TIKI ID.

Details
March 25, 2024

TIKI memprediksi akan terjadi pertumbuhan volume kiriman antara 20-25 persen di Bulan Ramadhan 2024

Details
March 14, 2024

Melalui kerjasama sebagai pendukung logistik BBW tahun ini, diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pecinta buku di Indonesia

Details
March 1, 2024

IAS memastikan seluruh logistik tiba dengan aman, menyambut tim dan para peserta dengan keramahtamahan khas Indonesia, hingga kebersihan area balap

Details
February 29, 2024

GENERAL NEWS