Friday, 11 June 2021
Citilink, Maskapai Pertama yang Melayani Penerbangan Komersial di Bandara Purbalingga

(tidak terlihat) Bupati Purbalingga dan (tampak gambar) Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyambut Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra, dan direksi lainnya di Bandara JB Soedirman 3 Juni. (dok pemprov jateng)


Maskapai nasional, Citilink Indonesia (Citilink), menjadi airlines komersial pertama yang melakukan penerbangan menuju salah satu bandar udara di Purbalingga, Jawa Tengah. Dengan menggunakan pesawat jenis ATR, Citilink berhasil mendarat mulus di Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga (PWL), pada Kamis pagi (3 Juni).

Dalam keterangan resminya pada Jumat (4 Juni), Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra mengucapkan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas catatan sejarah ini. Selain itu, ia berharap pihaknya bisa memberikan kontribusi yang lebih bagi pengembangan ekonomi serta mobilitas masyarakat. “Alhamdulillah, Citilink menjadi maskapai yang bisa mencatatkan sejarah dalam dunia penerbangan Indonesia. Kami juga bangga dapat turut berpartisipasi dalam proses pembukaan bandara ini,” ujarnya.

Lanjutnya, selain bersemangat untuk membangun kembali industri penerbangan yang tertekan pandemi Covid-19, Juliandra mengatakan pembukaan rute dari dan menuju Purbalingga adalah bukti komitmen perseroan dalam mengupayakan perbaikan kondisi. “Citilink mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholders yang telah berkoordinasi secara baik sehingga penerbangan komersial perdana ini dapat terwujud dan berjalan dengan aman dan lancar dengan tentunya tetap memastikan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” tuturnya.

Setelah parkir dan mesin pesawat dimatikan, tak lama kemudian keluar para penumpang dengan wajah-wajah sumringah. Para penumpang yang mayoritas berasal dari Purbalingga ini merupakan penumpang komersial pertama yang mendarat di bandara baru itu.“Dengan adanya moda transportasi yang lebih cepat dan efisien seperti penerbangan, maka diharapkan tidak hanya mempermudah mobilitas masyarakat, tetapi juga dapat mengakomodir peningkatan arus barang dan jasa lebih baik,” kata Dirut Citilink itu.

Kedatangan penumpang penerbangan pertama komersial Citilink ini disambut langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, dan jajaran pejabat penting lainnya. Sang pilot dan salah satu penumpang, mendapat kehormatan berupa pengalungan bunga oleh Gubernur dan Bupati. Tak kalah serunya, di luar bandara, ratusan warga Purbalingga bersorak-sorak menyambut pendaratan pesawat komersial perdana di sana.

Saat ini Citilink melayani penerbangan berjadwal Surabaya (SUB) – Purbalingga (PWL), dan Purbalingga (PWL) - Jakarta (Halim Perdanakusuma) hadir dua kali dalam seminggu, yakni pada Kamis dan Sabtu, dengan armada ATR 72-600.

Sebelumnya, pada Kamis (1/4/2021), Citilink telah melakukan penerbangan uji coba (proving flight) dari Bandara Halim Perdanakusuma (HLP) Jakarta ke Bandara Jenderal Besar Soedirman (PWL) di Purbalingga, Jawa Tengah. Penerbangan ini membawa rombongan Direksi PT Citilink Indonesia, PT Angkasa Pura II, Kemenhub, dan Airnav, mendarat pada pukul 09:50 WIB menggunakan pesawat ATR 72-600.

Author: Martin Jop
GO Ina

Langkah ini adalah strategi untuk mengembangkan kapasitas dan konektivitas kiriman door-to-door 24 jam di seluruh Asia Tenggara

Details
June 18, 2021

Program Ketupat hadir untuk mengapresiasi seller Tokopedia yang setia memakai layanan SiCepat dan juga mengaktifkan layanan HALU.

Details
June 17, 2021

Apabila paket tidak sampai, sesuai SLA kriman, maka tersedia layanan pengembalian ongkir 100% uang kembali sesuai dengan SKB.

Details
June 17, 2021

Diharapkan terwujud sinergitas antara stakeholders terkait di lapangan dalam melaksanakan tugasnya sehingga implementasinya dapat berjalan mulus.

Details
June 16, 2021

GENERAL NEWS