Breaking News:
Sunday, 24 April 2022
Antisipasi Lebaran, JNE Siapkan Freighter dan Tambah Armada Darat

Demi memberi pelayanan prima kepada para pelanggan selama Ramadhan hingga Lebaran nanti, JNE telah melakukan berbagai persiapan dan program dalam mengantisipasi lonjakan kiriman. Salah satunya dengan mengoperasikan pesawat khusus kargo (freighter) sendiri untuk pengiriman lewat jalur udara.

Dilansir dari jnewsonline, meredanya kasus Covid-19 juga membuat aktivitas perekonomian semakin meningkat. Begitu juga mobilitas masyarakat kian tinggi apalagi jelang Hari Raya Idul Fitri di awal Mei nanti.

Menurut National Operation Division Head JNE, Jon Tri Kusnanto, demi kepuasan pelanggan, JNE selalu berupaya memberikan pelayanan yang prima dan maksimal, baik itu dalam kondisi normal maupun dalam kondisi peak season seperti yang biasa terjadi setiap bulan Ramadhan hingga Lebaran.

“Program dan antisipasi yang telah dilakukan oleh JNE, yakni melakukan perencanaan yang baik dan matang, dari hulu hingga hilir, seperti persiapan space area kerja, warehouse, peralatan kerja, manpower baik untuk proses outbound, inbound dan juga petugas kurir lapangan,” ujar Jon Tri pada Senin (18/4/2022).

Penambahan armada darat untuk pengantaran paket juga dilakukan yang penyesuaiannya mengikuti prediksi kenaikan jumlah kiriman.

Sementara untuk pemberangkatan melalui udara, JNE juga akan mengoptimalkan penggunaan freighter yang dimiliki menyesuaikan dangan kebutuhan di lapangan serta melakukan sistem hard block untuk penggunaan maskapai lain.

“Selain charter flight, JNE juga saat ini mengoperasikan pesawat sendiri untuk beberapa rute tujuan, dengan jenis pesawat freighter antara lain untuk destinasi Medan, Banda Aceh, Batam, Pekanbaru, Banjarmasin, Palangkaraya, Pontianak, Makassar, dan Manado dengan kapasitas angkut freighter 14-16 ton,” jelasnya.

Terkait angkutan darat, yang pada saat arus mudik maupun arus balik Lebaran 2022 angkutan barang akan dibatasi oleh pemerintah, Jon Tri mengungkapkan, untuk angkutan darat akan melakukan penyesuaian jenis armadanya, hal itu sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

“Penyesuaian armada yang lebih kecil itu yang biasa kita lakukan karena pembatasan dilakukan untuk armada jenis atau muatan besar. Kami persiapkan kenaikan peak season tahun ini sebesar 30% namun tidak tertutup apabila kenaikan kiriman lebih tinggi lagi. Poinnya, JNE sudah siap mengantisipasi terjadinya lonjakan kiriman jelang Lebaran tahun ini,” tutup Jon Tri.

Author: Martin Jop
GO Ina

Program yang diberi nama Dapur TIKI ini akan tayang setiap Kamis selama Bulan Ramadhan di Youtube Channel TIKI ID.

Details
March 25, 2024

TIKI memprediksi akan terjadi pertumbuhan volume kiriman antara 20-25 persen di Bulan Ramadhan 2024

Details
March 14, 2024

Melalui kerjasama sebagai pendukung logistik BBW tahun ini, diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pecinta buku di Indonesia

Details
March 1, 2024

IAS memastikan seluruh logistik tiba dengan aman, menyambut tim dan para peserta dengan keramahtamahan khas Indonesia, hingga kebersihan area balap

Details
February 29, 2024

GENERAL NEWS