Thursday, 8 September 2022
Kurir SiGesit Sudah Rasakan Kemudahan Kirim Paket dengan Motor Listrik

Baterai motor listrik dengan sistem SGB (kiri) dan Kurir SiGesit siap kirim paket dengan motor listrik (kanan)

SiCepat Ekspres (SiCepat) telah melakukan berbagai langkah inovasi, kolaborasi, hingga ekspansi bisnis untuk melayani jasa ekspedisi bagi masyarakat. Salah satu inovasinya adalah penggunaan motor listrik merk “Volta” sebagai kendaraan operasional bagi kurir SiGesit.

Penggunaan motor listrik menjadi bentuk komitmen SiCepat untuk mendukung misi pemerintah dalam migrasi ke ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), serta turut berkontribusi dalam pengurangan emisi karbon.

Motor yang digunakan merupakan motor listrik dengan Sistem Ganti Baterai (SGB) dan dapat menempuh jarak jauh hingga 60 km. Penggunaan motor listrik oleh SiCepat juga diperkuat dengan perluasan jaringan penukaran baterai SGB melalui gerai-gerai SiCepat Ekspres.

Syaiful Ikhsan, Wakil Koordinator Last Mile Gerai SiCepat Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat, mengatakan bahwa motor listrik Volta menjadi solusi yang tepat bagi para kurir SiGesit untuk menghemat biaya operasional khususnya saat kirim paket.

“Biaya harian motor listrik ternyata lebih murah dibandingkan motor berbahan bakar minyak. Begitu juga dengan suara mesin motor terdengar lebih halus dan ramah lingkungan, serta kecepatannya pun dinamis,“ ungkap Syaiful.

Jika sebelumnya Syaiful biasa membawa 40-50 paket dengan motor bensin dalam satu kali trip, kini sejak menggunakan motor listrik Volta, ia dapat membawa lebih banyak paket, yaitu berkisar 100 sampai 150 paket. Hal ini didapatkannya berkat kapasitas motor listrik Volta yang mampu mengangkut beban hingga 200 kg.

Sementara itu, untuk satu hari pemakaian, Syaiful biasa menghabiskan dua baterai dengan kondisi terisi penuh.

Hal yang sama dirasakan Adi Syahbani, Last Mile Cargo SiGesit Gerai Cibinong, Bogor. Ia mengungkapkan bahwa pemakaian motor listrik Volta dapat memudahkannya dalam bekerja serta berkegiatan sehari-hari. Ia menggunakan motor listrik Volta untuk bepergian dari Bogor ke Jakarta hanya membutuhkan dua kali pergantian baterai.

Kurir SiGesit bisa memantau kondisi baterai dengan aplikasi SGB Mobile dan melakukan penukaran baterai melalui SGB station yang tersedia di beberapa Gerai SiCepat. Selain itu, dengan aplikasi SGB mobile kurir SiGesit juga dapat melakukan pembelian paket melalui handphone.

Ivan Humiras, Last Mile SiGesit Gerai SiCepat Tarumajaya mengatakan bahwa pengguna motor listrik Volta hanya membutuhkan waktu sekitar sembilan detik untuk menukar baterai kosong dengan yang baru. Dan untuk pengecasan dengan listrik membutuhkan waktu 1-2 jam.

Selain itu, menurut Ivan motor listrik Volta dapat memberikan pengalaman baru bagi kurir ataupun masyarakat yang tentunya lebih ringkas, mudah, dan ramah. Manfaat tersebut bisa dicapai karena motor listrik Volta menggunakan dinamo elektrik yang meminimalisir getaran seperti mesin konvensional.

Peralihan bahan bakar menjadi sistem ganti baterai (SGB) pada kendaraan bermotor ini tentunya membuat emisi karbon (polusi udara) semakin berkurang, sehingga lingkungan semakin bersih dan bebas emisi.

Tidak hanya memberikan dampak positif untuk lingkungan, motor listrik Volta ini secara otomatis akan meningkatkan performa kurir SiGesit dalam perjalanan antar jemput paket sampai ke tujuan. SiGesit pun bisa lebih leluasa dan bisa melayani konsumen dengan lebih cepat.

Author: Dpe
GO Ina

Sinyal yang menunjukkan pemulihan penerbangan kian kuat pada Kuartal III , dan akan berlanjut terus hingga Kuartal IV tahun 2022.

Details
September 17, 2022

Kehadiran BSA berkontribusi memudahkan pengiriman produk UMKM ke berbagai daerah, sekaligus turut memperkuat ekonomi Indonesia

Details
September 16, 2022

Bandara ini ditargetkan beroperasi pada akhir 2023, dan mampu melayani pesawat berbadan lebar sejenis Boeing 777-300ER.

Details
September 9, 2022

Berbagi kebahagiaan untuk pelanggan juga merupakan salah satu komitmen perusahaan untuk terus menerapkan misi usaha J&T Express

Details
September 8, 2022

GENERAL NEWS