Breaking News:
Wednesday, 15 March 2023
Akselerasi Pertumbuhan Kargo di Bali, AP 1 dan PT JAS Resmi Kerjasama Operasikan Terminal Kargo Internasional DPS

Angkasa Pura Airports (AP 1) bersama dengan PT Jasa Angkasa Semesta (PT JAS) Tbk, perusahaan pelayanan ground handling swasta di Indonesia, resmi bekerja sama mengoperasikan Terminal Kargo dan Pos Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (Terminal Kargo Internasional DPS).

Acara inaugurasi yang berlangsung pada Jumat (10/3) siang di Terminal Kargo Internasional DPS dilaksanakan secara simbolis oleh General Manager Angkasa Pura Airports Bandara I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan yang mewakili Direktur Utama Angkasa Pura Airports, dan Direktur Utama PT JAS, Adji Gunawan.

Dengan ini, PT JAS sebagai pemenang seleksi mitra usaha jasa terkait bidang kargo dan pos atau Cargo Terminal Operator (CTO) di Bandara I Gusti Ngurah Rai, resmi mengoperasikan terminal kargo seluas 3.000 meter persegi hingga lima tahun ke depan (2028).

Turut hadir Vice President Aeronautical Business and Cargo Development AP 1, Muhammad Thamrin; Komisaris Utama PT JAS, Marsekal TNI (Purn.) Herman Prayitno; COO PT JAS, Kevin Chin; Kepala Bidang Fasilitas Bea Cukai Bandara I Gusti Ngurah Rai, Iskandar; dan, Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Bali, Anak Agung Bayu Joni Saputra, serta pimpinan instansi stakeholder terkait.

Dalam pernyataannya Direktur Utama AP 1, Faik Fahmi menyatakan kerja sama ini ditujukan untuk mengoptimalkan bisnis dan operasional kargo di Bandara I Gusti Ngurah Rai. "Kerjasama ini merupakan bagian dari transformasi terminal kargo yang ditujukan untuk meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan bisnis kargo, yang pada akhirnya berbanding lurus terhadap efektivitas layanan kargo, peningkatan cargo throughput dan pendapatan,” kata Faik Fahmi.

Lanjutnya, Bandara I Gusti Ngurah Rai saat ini merupakan bandara yang merupakan tulang punggung perusahaan dari sisi trafik penumpang dan pesawat udara. Melalui kerjasama ini, diharapkan dapat semakin mengakselerasi pertumbuhan trafik kargo udara di Bali, utamanya trafik kargo internasional, tambahnya.

Melalui kerja sama ini, PT JAS akan mengoptimalkan bisnis kargo melalui transformasi teknologi, keandalan dalam bisnis jaringan layanan kargo (network cargo business) melalui sistem penanganan kargo semi-otomatis atau semi-automatic warehouse system.

Sistem penanganan kargo semi-otomatis ini menerapkan implementasi teknologi seperti staging roller dan cargo lift, serta ditargetkan akan dapat berdampak positif kapasitas layanan penampungan kargo impor sebesar 27 ton, kargo ekspor sebesar 34 ton, Tempat Penampungan Sementara TPS Distribusi sebesar 20 ton, serta TPS Distribusi palletized type sebesar 18 ton.

Direktur Komersial dan Pelayanan AP 1, Dendi T. Danianto menyampaikan: "Inovasi yang diterapkan PT JAS tersebut merupakan jawaban atas tantangan yang kami berikan, utamanya dalam meningkatkan level of service, efisiensi, kualitas layanan terminal kargo, serta operasional terminal kargo dan pos berstandar global".

Untuk meningkatkan standar layanan, PT JAS juga akan mengimplementasikan JAS Control Center sebagai pusat kendali untuk memantau dan mengontrol seluruh kegiatan operasional di terminal kargo dan pos dengan memanfaatkan tekonologi digital, Centralized Customer Service untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan, serta fasilitas gudang pendingin atau cold storage sebanyak 2 unit untuk mempertahankan kesegaran dan kualitas produk. Sedangkan untuk meningkatkan standar keamanan, PT JAS menyediakan 3 unit x-ray dengan teknologi Dual View serta 72 unit CCTV yang tersebar di Terminal Kargo dan Pos Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2022 Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali trafik kargo sebesar 36.229 ton, dengan rincian 22.955 ton kargo domestik dan 13.273 ton kargo internasional. Total trafik kargo di tahun 2022 ini mengalami pertumbuhan sebesar 15,7% dibandingkan trafik kargo tahun 2021 yang sebesar 31.319 ton kargo.

Author: Martin Jop
GO Ina

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

GENERAL NEWS