Breaking News:
Saturday, 4 February 2023
Gandeng Bea Cukai Soetta, STFC Sosialisasi Implementasi e-CD untuk Jemaah Haji dan Umrah

Keterangan Foto :

Berikut nama-namanya adalah sebagai berikut, dimulai dari :(kanan pakai Seragam Bea Cukai) Narasumber, Neni Nurshanti, SekJen STFC, Marco Umbas, Ketua Umum STFC , Adrianto Soedjarwo, (berdiri,Pembicara) Kepala Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta, Finari Manan.


Forum komunikasi antara pelaku usaha dan regulator di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Soekarno-Hatta Trade Facilitation Committee (STFC) bekerjasama dengan Kantor Bea Cukai Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta (Bea Cukai Soetta) menggelar sosialisasi implementasi Electronic Customs Decleration (e-CD), sebagai sarana penyebaran informasi peningkatan pelayanan bagi pengguna jasa bandara khususnya jemaah haji dan umrah.

Kegiatan yang diinisiasi oleh STFC ini dilaksanakan pada Kamis, 2 Februari 2023, di Gedung B Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tipe C, Area Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Dalam sambutannya, Ketua Umum STFC, Adrianto Soedjarwo, menyatakan diperlukan sinergi antara regulator dan pelaku usaha di Soetta untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang pesawat terbang.

“Sosialisasi ini sangat penting, mengingat masih banyak jemaah haji, umrah dan travel agent yang belum memahami pentingnya pengisian e-CD, dan juga ketentuan terkait barang bawaan penumpang,” kata Andrianto

Sementara itu Kepala Kantor Bea Cukai Soetta, Finari Manan, menyampaikan ia menyambut baik inisiasi STFC atas kegiatan sosialisasi itu, karena seperti yang dikatakan Ketua Umum STFC bahwa masih pengguna jasa bandara khususnya jemaah haji dan umrah hingga agent travel-nya yang belum memahami pentingnya pengisian e-CD serta ketentuan barang bawaan penumpang.

“Saya berharap sosialisasi ini bisa terus mempererat kerja sama dan hubungan seluruh stakeholders terkait di Bandara Soetta, sehingga pelayanannya terus meningkat,” ujar Finari.

Sosialisasi menghadirkan Pemeriksa Bea dan Cukai Pertama, Neni Nurshanti, sebagai narasumber. Dalam kesempatan itu ia menekankan fungsi dari pengisian e-CD beserta ketentuannya. Selanjutnya, Neni juga menjelaskan tentang langkah-langkah dalam mengisi e-CD sampai mendapatkan barcode yang nantinya akan dipindai oleh penumpang pada saat sudah berada di area Bea Cukai.

Dalam penyampaiannya, peserta diharapkan dapat menyebarkan informasi kepada para jemaah lainnya, sehingga dapat mendukung kelancaran implementasi e-CD untuk penumpang jemaah haji-umrah.

Penyampaian Custom Declaration (CD) atau pemberitahuan pabean barang penumpang melalui Soetta tidak lagi memakai kertas, akan tetapi sudah dialihkan untuk mengisi Electronic Customs Declaration (e-CD) menggunakan gadget masing-masing dengan menuju laman ecd.beacukai.go.id.

E-CD adalah transformasi kelembagaan yang dilakukan oleh Bea dan Cukai guna mendukung pengurangan penggunaan kertas yang berlebihan, serta mempermudah penyampaian barang bawaan penumpang.

Diharapkan dengan sosialisasi itu, peserta memahami tugas dan fungsi Bea Cukai dalam melindungi masyarakat dari potensi penyelundupan dan sebagai community protector.

Hadir juga sebagai peserta dalam sosialisasi e-CD yaitu perwakilan dari asosiasi perjalanan wisata, asosiasi perjalanan haji dan umrah, asosiasi penerbangan, Board of Airline Representative Indonesia (Barindo).

Sebagai lembaga non profit dan fasilitator, STFC, yang berdiri sejak 2004, memiliki misi untuk mempercepat arus barang, pengamanan pendapatan negara, dan meningkatkan potensi ekonomi. STFC juga punya visi melestarikan sumber daya alam, lingkungan hidup, peninggalan sejarah, serta keamanan nasional dalam lalu lintas barang.

Author: Martin Jop
GO Ina

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

GENERAL NEWS