Breaking News:
Friday, 26 May 2023
Member SERLOK TIKI Dapat Ilmu Penting Dalam Strategi Jitu Meningkatkan Brand dan Omset Penjualan

kiri-kanan: Adam Ismanto - Senior Manager Nasional TIKI, Arto Biantoro - Brand Activist, dan Uriel Laguarda, F&B entrepreneur & business owner Pempek CRP Pusat dalam acara ”Ngobrol Bareng TIKI” di Jakarta (24 Mei).

PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia dengan rekam jejak 53 tahun di Indonesia, berkomitmen untuk terus memperluas cakupan layanan TIKI SERLOK (Seller Online Booking) hingga ke seluruh wilayah Indonesia agar dapat mendukung lebih banyak lagi UMKM Indonesia dalam mengembangkan bisnis dan meningkatkan daya saing di era ekonomi digital.

Salah satu bentuk dukungan TIKI dalam pengembangan kompetensi UMKM adalah dengan memfasilitasi kegiatan diskusi rutin, ”Acara Ngobrol Bareng TIKI”, yang diadakan di salah satu kantor cabang TIKI di Jakarta Selatan pada Rabu (24 Mei). Hadir jajaran manajemen TIKI, Yulina Hastuti, Direktur Utama TIKI, Trie Maulana A., Direktur Pelaksana TIKI, dan Ahmad Ferwito, Direktur Network TIKI.

Kali ini, TIKI menghadirkan pembicara Arto Biantoro, Brand Activist, dan Uriel Laguarda, F&B entrepreneur & business owner Pempek CRP Pusat; juga dari TIKI sendiri, Adam Ismanto, Senior Manager Nasional TIKI yang mengulas topik “Strategi Penting Meningkatkan Brand dan Omset Penjualan”.

Dalam sambutannya Yulina Hastuti, Direktur Utama TIKI, mengatakan: “Acara ini menghadirkan narasumber Arto Biantoro, yang membagi ilmu dalam bidang Pengembangan Brand dan Marketing, dan juga Bapak Uril, yang membagi pengalamannya sebagai pengusaha. SERLOK, satu layanan TIKI yang mulai pada 2020 (awal pandemi), punya banyak benefit, salah satu adalah acara gathering hari ini. Di sini kita untuk sama-sama berbagi pengalaman dan ilmu dari narasumber. Acara dimaksudkan agar kita dalam berbisnis bukan hanya sekedar berbisnis, tapi juga ingin dikenal luas. Namun tidak hanya dikenal hanya dalam waktu singkat, tapi dikenal terus menenerus, sustain hingga ke generasi berikutnya. Seperti TIKI yang sudah dikelola oleh generasi kedua dlam usia yang akan menginjak 53 tahun. Penting juga diketahui oleh UMKM, Serlok juga mengajarkan cara pengemasan dan sehingga barang dikirim diterima dengan baik oleh penerima. Karena banyak pengirim yang tidak mengemas barang atau produknya scara tidak baik, yang berakibat akan mempengaruhi produk yagn dikirim. Semoga acara hari ini membawa kebaikan dan keberkahan buat kita semua yang hadir disini.”

TIKI juga turut mempromosikan usaha member TIKI SERLOK melalui kanal media sosial TIKI, dan menyediakan sarana dan SDM untuk membantu member yang membutuhkan bantuan dalam pengiriman barang.

Sementara itu Adam Ismanto, Senior Manager Nasional TIKI menjelaskan, “TIKI telah menjadi mitra pengiriman terpercaya bagi pelaku UMKM selama 53 tahun. Dan kami sangat memahami bahwa biaya pengemasan dan pengiriman dapat menjadi komponen biaya yang cukup besar, belum lagi pencatatannya yang memakan waktu dan tenaga. Hal inilah yang melatarbelakangi diluncurkannya TIKI SERLOK di tahun 2020 lalu, dimana kami melihat kebutuhan pelanggan UMKM akan mitra kurir yang dapat memberikan fleksibilitas pembayaran dan manfaat lebih bagi mereka yang secara rutin memiliki kebutuhan pengiriman. Tidak hanya itu, sistem bonus dan rewarding yang kami berikan dapat memberikan penghasilan tambahan bagi pelanggan UMKM kami dari biaya pengiriman mereka setiap bulannya.”

Dengan bergabung menjadi member TIKI SERLOK, UMKM Indonesia akan memperoleh berbagai manfaat dan penawaran khusus yang mendukung kebutuhan usahanya mulai dari diskon harga sebesar 18 persen, fleksibilitas pembayaran H+2 menggunakan virtual account, fasilitas pick up gratis, hingga bonus dan rewarding seller. Member TIKI SERLOK juga akan memperoleh informasi dan mendapatkan kesempatan mengikuti berbagai workshop dan pelatihan terkait pengembangan bisnis dan pemasaran digital yang diselenggarakan oleh TIKI.

“Banyaknya produk yang sejenis mendorong kreativitas yang lebih tinggi bagi para pemilik brand. Memahami customer journey sebagai bagian dari proses pembangunan relasi dan kedekatan dengan konsumen menjadi sebuah keharusan. Oleh karena itu bukan hanya sekedar menjual, pemilik brand harus peka dalam memahami tingkah laku dan kebiasaan konsumen, lalu menjadikannya dasar dalam menciptakan sebuah customer experience. Dalam konteks penjualan online, salah satu unsur krusial yang melengkapi customer experience terhadap satu brand adalah proses pengirimannya. Pemilik brand harus memastikan barang dapat sesegera mungkin diterima oleh konsumen dan sesuai janji.” urai Arto Biantoro, Brand Activist.

“Sekarang ini teknologi semakin berkembang sehingga memudahkan proses transaksi, dan memungkinkan kita untuk mengembangkan bisnis dengan lebih cepat. Sebagai salah satu member TIKI SERLOK, saya merasakan langsung bagaimana nilai tambah yang diberikan sangat mendukung kebutuhan pelaku UMKM. Terutama fleksiibilitas tempo pembayaran dan sistem pelaporan riwayat transaksi yang membuat pekerjaan saya lebih efektif dan terkonsentrasi pada upaya pemasaran dan penjualan. Kemitraan seperti ini yang dibutuhkan pelaku UMKM,” jelas Uriel Laguarda, F&B entrepreneur & business owner Pempek CRP Pusat.

Adapun TIKI SERLOK menyasar para UMKM yang mayoritas memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk menjual produknya. Sejak diluncurkan, TIKI SERLOK terus diperluas cakupannya dari sebelumnya hanya di DKI Jakarta, saat ini telah berada di 50 Cabang utama di 33 kota di seluruh Indonesia.

“Baru-baru ini, kami memperoleh penghargaan Service Quality Award sebagai salah satu perusahaan jasa kurir yang memperoleh peringkat Diamond dari survei Service Quality Index yang diselenggarakan oleh Carre Service Quality Monitoring bersama Majalah Marketing. TIKI menjadi bagian dari 5 perusahaan kurir dengan peringkat Diamond, dimana TIKI mendapatkan penilaian tertinggi pada aspek akses, proses, SDM dan kualitas layanan. Hal ini tentunya menjadi sebuah pencapaian sekaligus motivasi bagi TIKI untuk semakin lebih baik lagi ke depannya”, tutup Yulina.

Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS