Breaking News:
Monday, 6 December 2021
Testimoni Pebisnis UMKM: TIKI SERLOK Berikan Kemudahan dan Fleksibilitas Bagi Kami

kiri-kanan: Ira Yusfi, Pendiri Bookkopi; Feralisa, Pemilik Usaha Dendeng Uni Fera; Yulina Hastuti, Direktur Utama TIKI dan Adam Ismanto, Commercial & Retail Senior Manager di acara TIKI Media Gathering & Talkshow “Berbisnis Rumahan Semakin Mudah Bersama TIKI SERLOK” di Jakarta (02/12)

Pada acara Media Gathering & Talkshow bertajuk “Berbisnis Rumahan Semakin Mudah Bersama TIKI SERLOK” di Jakarta (2 Desember 2021), TIKI menghadirkan pebisnis kopi dan makanan sebagai narasumber untuk berbagi kisahnya menjalankan bisnis di tengah pandemi. Pada acara tersebut, selain pemaparan rencana bisnisTIKI di 2022 oleh Yulina Hastuti, Direktur Utama TIKI, TIKI juga berbagi informasi mengenai inovasi layanan yang memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi UMKM Indonesia.

Sebagai sektor yang berperan sangat penting bagi perekonomian Indonesia, UMKM juga menjadi sektor yang paling terkena dampak yang sangat besar dari pandemi ini. Sekitar 98% dari total UMKM merupakan usaha mikro yang membutuhkan lebih banyak dukungan fasilitas dan fleksibilitas dari mitra bisnisnya termasuk mitra pengiriman. Hal inilah yang melatarbelakangi TIKI meluncurkan layanan TIKI SERLOK (Seller Online Booking) di pertengahan tahun 2020 lalu.

TIKI SERLOK ditujukan bagi para UMKM yang memasarkan produknya melalui jaring media sosial dan belum tergabung dalam market place besar, baik yang telah berbadan hukum maupun orang perorangan. Melalui TIKI SERLOK, TIKI memberikan berbagai kemudahan dan keuntungan lebih dalam melakukan transaksi pengiriman menggunakan produk TIKI. Mulai dari diskon harga sebesar 18 persen, fleksibilitas pembayaran mulai dari fasilitas Cash on Delivery hingga pelunasan H+2 menggunakan virtual account, fasilitas pick up gratis, hingga bonus dan rewarding seller. Online seller juga akan memperoleh informasi dan mendapatkan kesempatan mengikuti berbagai kegiatan edukasi dan promo marketing yang diselenggarakan TIKI.

“Sebagai pengusaha mikro, kemudahan dan fleksibilitas dalam pembayaran vendor sangat lah membantu pengelolaan arus kas kami. Biaya pengiriman merupakan salah satu komponen biaya rutin yang perlu dikelola dengan baik. Fleksibilitas pembayaran dan fasilitas tambahan yang diberikan oleh TIKI melalui layanan TIKI SERLOK sangat membantu bisnis biji kopi yang tengah saya kembangkan saat ini,” ungkap Ira Yusfi, Pendiri “Bookkopi”, yang memulai bisnis biji kopi sejak 2020 dan saat ini telah memasarkan produknya ke berbagai wilayah di Indonesia.

Feralisa, Pemilik Usaha “Dendeng Uni Fera” mengatakan, “Memilih mitra jasa kurir yang tepat dan mengerti kebutuhan kami sebagai pengusaha UMKM sangat krusial. Pengalaman konsumen yang tidak menyenangkan terhadap kualitas pengiriman paket akan dapat menyebabkan kami kehilangan konsumen loyal. Karena itu, saya tidak hanya sekedar melihat ongkir murah saja, tapi juga mempertimbangkan pengalaman jasa kurir dan jangkauan layanan pengirimannya. Apakah jasa kurir ini memiliki jaringan sendiri atau diberikan ke vendor lain? Selain itu saya juga akan melihat komitmennya terhadap waktu pengiriman.” Feralisa berbisnis makanan khas minang hasil olahannya sendiri sejak 2011.

Hingga saat ini, anggota TIKI SERLOK mengalami pertumbuhan 25% sejak pertama kali diluncurkan pada Juli 2020 lalu. “Layanan TIKI SERLOK juga akan menjadi salah satu prioritas TIKI untuk pengembangan bisnis di 2022 mendatang. Kami akan terus berkomitmen menjadi mitra pengiriman terpercaya yang mendukung roda aktivitas perekonomian di Indonesia,” tutup Yulina.

Author: Dpar
GO Ina

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

GENERAL NEWS