Breaking News:
Monday, 22 July 2024
Ini Tips Pengemasan Reptil yang Tepat dan Aman untuk Dikirim

Pada Jumat (19 Juli 2024) lalu, perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, TIKI mengumumkan peluncuran layanan khusus hewan reptil yang diberi nama TIKI TIREX (TIKI Kirim Reptil Express), sekaligus sebagai pelopor jasa kurir ekspres pertama dan resmi untuk pengiriman reptil, mencakup kadal, iguana, kura-kura dan ular.

Dengan keragaman dan keunikan spesies reptil di Indonesia, komunitas pecinta reptile terus bertumbuh, termasuk perdagangannya. Namun, seringkali pengiriman reptil tidak dilakukan sesuai Standard Operating Procedure (SOP) yang tepat karena tidak adanya pengetahuan bagaimana pengepakan yang tepat dan aman.

Untuk memastikan keamanan kiriman reptil, TIKI mengimbau pelanggan untuk memperhatikan langkah-langkah pengemasan sebagai berikut:

1. Persiapan kontainer: Pilih kontainer yang sesuai dengan ukuran dan jenis reptil. Buat lubang ventilasi yang cukup untuk memastikan reptil bisa bernapas dengan baik tanpa ada risiko melarikan diri.

2. Mengisi dasar kontainer: Letakkan lapisan material pengisi di dasar kontainer untuk menyerap kelembapan dan memberikan bantalan yang nyaman.

3. Penempatan Reptil: Tempatkan reptil dengan hati-hati ke dalam kontainer. Pastikan reptil dalam kondisi sehat dan tidak stres.

4. Gunakan jaring pengaman atau kain pembungkus lembut: Untuk memberikan tambahan keamanan dan kenyamanan bagi reptil selama pengiriman.

5. Penutupan dan Penguncian kontainer: Tutup kontainer dengan rapat dan pastikan tidak ada celah. Gunakan selotip dan pengikat untuk memastikan kontainer tertutup dengan aman.

6. Pelabelan kontainer: Tempelkan label pengiriman dengan jelas di luar kontainer, termasuk label peringatan “Hewan Hidup”.

7. Pemeriksaan Akhir: Periksa kembali kontainer dan kardus untuk memastikan ventilasi, keamanan, dan label pengiriman sudah terpasang dengan benar.

Untuk informasi lebih jelasnya mengenai langkah-langkah pengemasan, dapat menghubung TIKI layanan TIREX, atau telpon pada nomor 1500125.

Author: Martin Jop
GO Ina

Konferensi dengan tema “Shaping the Future of Aviation: Sustainable, Resilient, and Inclusive Aviation”, adalah bentuk partisipasi aktif Indonesia dalam mewujudkan sektor penerbangan yang berkelanjutan, tangguh, dan inklusif khususnya di wilayah Asia dan Pasifik.

Details
October 17, 2024

Penerbangan Incheon-Hang Nadim Batam (PP) ini beroperasi menggunakan pesawat jenis B737-800 yang dapat mengangkut penumpang dengan kapasitas maksimum 189 penumpang, dengan jadwal penerbangan 3 kali dalam seminggu.

Details
October 17, 2024

Kehadiran Susi Air diharapkan dapat memperkuat akses transportasi udara yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Natuna dan sekitarnya.

Details
October 15, 2024

Rute penerbangan dari HLP akan dibuka secara bertahap, awal November ke Surabaya, Medan, dan Padang.

Details
October 15, 2024

GENERAL NEWS