Breaking News:
Monday, 22 July 2024
Pakai TIREX, Sekarang Bisa Kirim Hewan Reptil Secara Legal dan Aman

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah spesies reptil terbanyak. Dengan keragaman dan keunikan spesies reptil ini, komunitas pecinta reptil di Indonesia terus bertumbuh, begitu pula aktivitas perdagangannya. Namun, seringkali pengiriman reptil tidak ditangani dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang tepat karena terbatasnya layanan pengiriman ekspres khusus reptile.

Ditambah banyak pelanggan yang tidak secara transparan menyebutkan apakah kirimannya itu reptile jenis berbisa (beracun) atau dilarang diperdagangkan karena hewan langka, menurut regulasi perlindungan hewan, Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya

“Hal inilah yang melatarbelakangi TIKI meluncurkan layanan TIREX. Harapannya, pelanggan kini dapat dengan tenang mengirimkan reptil mereka," kata Edwin Widiantoro, General Manajer Operasional, Gateway & IT.

PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, mengumumkan peluncuran layanan khusus hewan reptil yang diberi nama TIKI TIREX (TIKI Kirim Reptil Express) pada Jumat (19 Juli). Peluncuran ini menjadikan TIKI sebagai jasa kurir ekspres pertama yang memiliki prosedur penanganan resmi untuk pengiriman reptil, mencakup kadal, iguana, kura-kura dan ular.

Yulina Hastuti, Direktur Utama TIKI menambahkan, “Hewan reptil termasuk jenis kiriman khusus karena masuk dalam kategori hewan hidup. TIKI TIREX dirancang untuk memberikan keamanan dan kenyamanan maksimal bagi komunitas pecinta reptil, memungkinkan pengiriman tanpa perlu khawatir. Peluncuran TIKI TIREX diharapkan dapat memberikan pelanggan TIKI dan komunitas pecinta reptil akan pilihan layanan kiriman yang cepat, aman, dan terjangkau.”

TIKI TIREX melayani pengiriman reptil ke seluruh Indonesia menggunakan moda transportasi darat. Terdapat tiga pilihan produk, yaitu Over Night Service (ONS) untuk pengiriman satu hari sampai, Same Day Service (SDS) tiba di hari yang sama, dan Regular (REG) dengan biaya lebih ekonomis dan estimasi waktu 2-3 hari kerja.

Layanan TIREX dilengkapi dengan fasilitas asuransi yang memberikan proteksi atas risiko kehilangan, kerusakan, atau hal-hal tak terduga lainnya dengan nilai penggantian maksimal sebesar Rp 5 juta.

Untuk menggunakan layanan TIREX ini cukup mudah. TIKI hanya menerapkan minimum berat 1 kg dan menerima pengiriman reptil tak berbisa. Pengirim diharapkan untuk memperhatikan prosedur pengiriman terkait transparansi atas isi dan jenis reptil yang akan dikirimkan.

Reptil dengan jenis berbeda harus dikemas terpisah dan akan mendapatkan nomor resi pengiriman yang berbeda. Jika terdapat jenis hewan reptil yang dilarang untuk dikirim, TIKI akan meretur kiriman tersebut kepada pengirim.

"TIKI memiliki komitmen dalam menjaga kelestarian hewan langka dan menempatkan keselamatan para petugas kami sebagai prioritas. Kami akan memastikan bahwa reptil yang ditangani adalah jenis yang diperbolehkan, tidak dilarang, dan tidak berbisa," tutup Yulina.

Author: Martin Jop
GO Ina

Pencapaian yang diperoleh hingga hari ini, tidak terlepas dari upaya bersama karyawan, dan mitra waralaba di seluruh Indonesia yang menjaga citra merek TIKI

Details
August 23, 2024

Dukungan TIKI bagi pengembangan UMKM lokal ditunjukkan dengan kualitas pelayanan sebagai mitra pengiriman terpercaya dan mendistribusikan produk-produknya

Details
August 14, 2024

Kerjasama ini sebenarnya sudah menjadi “roadmap” Andrianto Soedjarwo, untuk kemajuan dan keberlangsungan SDM perusahaan.

Details
August 12, 2024

Dukungan TIKI adalah komitmen tanggung jawab perusahaan dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan dan pengembangan kompetensi.

Details
August 8, 2024

GENERAL NEWS