Breaking News:
Sunday, 17 September 2017
"Taymur" Penumpang Khusus Nam Air dari Jakarta ke Sampit

Nam Air, maskapai dari Sriwijaya Air Group, mengangkut penumpang khusus satu orang utan dari Jakarta menuju Sampit, Kalimantan Tengah, sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam melindungi hewan yang terancam punah.

Orang utan "penumpang khusus" bernama Taymur dan dokter hewan selaku pendamping diangkut Nam Air pada pukul 11.15 WIB, Kamis (14/9). Taymur dibawa ke Sampit sebagai upaya repatriasi orang utan ke Pusat Rehabilitasi Orangutan di Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah.

Senior Manager Corporate Communication Sriwijaya Air Grup Agus Soedjono mengatakan prosedur pengangkutan orang utan tersebut dilakukan sesuai dengan standar IATA Live Animal Regulation (LAR).

Sebagai info, penerimaan cargo untuk pengiriman binatang harus melihat kondisi binatang yang akan dikirim serta kelengkapan dokumen yang diperlukan seperti yang tertera di IATA Live Animals Regulations Manual dan juga melihat regulasi yang dikeluarkan dari airlines bersangkutan dalam hal pengiriman (dalam hal ini NAM Air).

“Taymur diangkut beserta kandangnya yang berasal dari BOS Foundation berukuran lebar 64 cm, panjang 102 cm, tinggi 86 cm dan berat 57,5 kg. Selama perjalanan, Taymur akan tetap merasa nyaman,” katanya dalam siaran pers pada Kamis (14/9).

Untuk diketahui, penumpang khusus NAM Air ini adalah orang utan berumur 3 tahun yang diselundupkan dari Kalimantan ke Kuwait. Namun, Taymur berhasil dikembalikan ke Pemerintah Indonesia pada April 2017. Setelah menjalani proses karantina selama beberapa bulan di fasilitas karantina Taman Safari Indonesia, Bogor, Taymur dinyatakan sehat dan layak untuk dipindahkan ke Pusat Rehabilitasi Orangutan yang dikelola oleh Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo (Yayasan BOSF) di Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah.

Author: Martin Jop
GO Ina

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

GENERAL NEWS