Breaking News:
Friday, 9 February 2018
Tembus Pasar Myanmar, Indonesia Ekspor Daging Wagyu

Pada Rabu lalu (7 Pebruari 2018), bertempat di area Terminal Kargo Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, PT. Santosa Agrindo, salah perusahaan eksportir nasional, melakukan ekspor perdana daging sapi beku tanpa tulang (frozen boneless beef) kategori kualitas terbaik (prime cut) sebanyak 599 kilogram. 

Sebelum melakukan ekspor, komoditas daging wagyu ini lebih dahulu harus melalui pemeriksaan oleh Badan Karantina Pertanian (Barantan) Soekarno-Hatta, mulai dari kelengkapan dokumen, kondisi fisik daging, suhu daging, kemasan, hingga penerbitan sertifikat sanitasi produk hewan.

Khusus untuk komoditas hewan, Karantina Pertanian Soekarno Hatta menyiapkan tim petugas yang terdiri atas dokter hewan karantina dan paramedik veteriner.

Mulyanto, Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani Barantan menyatakan pihaknya telah melakukan pemeriksaan fisik terhadap 599 kilogram daging wagyu asal Serang dan hasilnya sehat, aman dan siap diekspor ke Myanmar.

“Inspeksi dilakukan terhadap kondisi daging yakni  pemeriksaan intensitas suhu, memastikan kemasan dalam kondisi baik dan tidak terjadi kerusakan ataupun kebocoran kemasan”, katanya di area Terminal Cargo Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, pada hari Rabu (7/2).

“Pemeriksaan ini dilakukan untuk memenuhi persyaratan negara tujuan ekspor,  jika semua terpenuhi maka  dokter hewan karantina akan segera merilis sertifikat sanitasi produk hewan (sanitary certificate of animal product) sebagai persyaratan ekspor”, tambahnya.

Daging Wagyu yang berhasil diekspor merupakan hasil dari peternakan binaan di Serang, Banten dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, dan telah mendapatkan NKV. 

"Karantina memastikan betul daging ini layak di ekspor, di pintu terakhir Indonesia. Sehingga tidak akan ada hambatan di negara tujuan," tegas Mulyanto.

Author: Martin Jop
GO Ina

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

GENERAL NEWS