Thursday, 14 March 2019
Potensi Kargo Udara Terus Tumbuh, Menzies Aviation Hadir di Indonesia

TANGERANG - Dalam usaha melebarkan jaringannya, Menzies Aviation, sebuah perusahaan global khusus layanan penerbangan di bandara, kini hadir di Indonesia.

Menzies Aviation meresmikan perwakilannya di Indonesia, tepatnya di Wisma Soewarna Office, Tangerang, dekat dengan lokasi kegiatan operasional bandara udara terbesar di Indonesia, Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK), pada hari Senin (11/3).

Ronald Ket, Senior Vice President, Menzies Aviation Indonesia mengatakan: Menzies Aviation melihat potensi kargo udara di Indonesia sangat besar dan menjanjikan. Data yang kami dapatkan, dari Direktorat Angkutan Udara (Ditjen Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan Indonesia), di tahun 2017 angkutan kargo tercatat sebesar 729.194 ton atau meningkat 1,8 persen dibanding tahun 2016 yang sebesar 715.936 ton.”

Selain dari produksi maskapai nasional (penumpang dan kargo), Indonesia juga mencatat produksi maskapai internasional yang melakukan penerbangan ke Indonesia selama tahun 2017 mengalami peningkatan, yaitu: jumlah penumpang  yang diangkut sebesar 19.061.737 orang dan angkutan kargonya mencapai 384.936 ton.

“Dari data-data tersebutlah maka sangatlah wajar jika Menzies Aviation membuka perwakilannya di Indonesia, kata Ronald. 

Menzies Aviation beroperasi di 6 benua, dan 200 lebih lokasi di dunia yang ada bandaranya, menawarkan layanan darat dan udara (penumpang dan kargo) yang disesuaikan dengan keinginan pelanggan (customized). 

Untuk saat ini Menzies Aviation Indonesia lebih memfokuskan bisnisnya di layanan kargo yang ada di Bandara Soekarno Hatta,Tangerang, meliputi: Ground Handling, Cargo, Fuelling, Executive Services dan Offline Services.

Zamzam Rhosedya, Vice President Operational, Menzies Aviation Indonesia mengatakan: Layanan kami berikan kepada customer seperti mengatur jadwal layanan kargo secara detail, dukungan alat operasional yang modern, serta staff yang ahli di bidangnya dan berpengetahuan luas seputar logistik udara. Semuanya dilakukan dengan tujuan mempermudah serta memberikan kepuasan layanan terbaik di bandar udara.”

Menzies Aviation Indonesia mendapatkan kustomernya yang pertama pada 1 September 2018, My Indo Airlines, perusahaan penerbangan kargo nasional, untuk freighter dan cargo handlingnya di Tangerang. Airlines ini mempunyai sekitar 12 kali penerbangan per minggu dari CGK ke Singapore (SIN), Balikpapan Sepinnggan Airport (BPN), dan Ahmad Yani International Airport (SRG).

Pada 1 Oktober 2018, Menzies Aviation Indonesia mendapatkan customer kedua, dari perusahaan global ekspress, FedEx, untuk freighter dan cargo handlingnya di Tangerang. FedEx beroperasi 5 kali terbang per minggu untuk rute CGK - Ahmad Yani International Airport (SRG) lalu terbang ke Singapore Changi Airport.

Dengan peresmian perwakilannya ini, ke depan diharapkan kontribusi perusahaan untuk kargo udara nasional akan bertambah baik, serta saling sinergi antara pelaku bisnis kargo di Indonesia, terutama yang ada di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang akan lebih baik lagi, tutup Ronald Ket. 

Author: Eko Nugroho
GO Ina


Direktur Utama Angkasa Pura 1 Faik Fahmi mengatakan, "pihaknya kehilangan pendapatan mencapai Rp 300 miliar sejak awal tahun hingga Mei 2019."

Details
May 22, 2019

“Kementerian Perhubungan menyadari keluhan Pengusaha Hotel yang terus disampaikan adanya penurunan tingkat hunian hotel karena mahalnya harga tiket pesawat." demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono di Jakarta, Selasa (22/5). 

Details
May 22, 2019

“Kami pastikan Pilot dengan inisial IR itu bukan Pilot Sriwijaya Air maupun NAM Air,” kata Retri Maya, Vice President Corporate Secretary Sriwijaya Air.

Details
May 21, 2019

Pada kesempatan yang khusus ini saya akan menyampaikan kepada Cargo Times "ICAC kedepannya akan mengadakan terobosan-terbosan baru, salah satunya adalah diselenggarakan untuk pertama kalinya di Indonesia, yaitu Indonesia Airlines Cargo Award dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2019 yang akan datang, tujuan kami adalah  melihat bagaimana kinerja dari Airlines ini kepada para konsumenya dan seberapa tanggapnya mereka terhadap keluhan kami tersebut" jelas Adrian Dwitomo, Ketua Panitia Buka Bersama ICAC (15/5).

Details
May 20, 2019

GENERAL NEWS