Breaking News:
Thursday, 14 March 2019
Potensi Kargo Udara Terus Tumbuh, Menzies Aviation Hadir di Indonesia

TANGERANG - Dalam usaha melebarkan jaringannya, Menzies Aviation, sebuah perusahaan global khusus layanan penerbangan di bandara, kini hadir di Indonesia.

Menzies Aviation meresmikan perwakilannya di Indonesia, tepatnya di Wisma Soewarna Office, Tangerang, dekat dengan lokasi kegiatan operasional bandara udara terbesar di Indonesia, Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK), pada hari Senin (11/3).

Ronald Ket, Senior Vice President, Menzies Aviation Indonesia mengatakan: Menzies Aviation melihat potensi kargo udara di Indonesia sangat besar dan menjanjikan. Data yang kami dapatkan, dari Direktorat Angkutan Udara (Ditjen Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan Indonesia), di tahun 2017 angkutan kargo tercatat sebesar 729.194 ton atau meningkat 1,8 persen dibanding tahun 2016 yang sebesar 715.936 ton.”

Selain dari produksi maskapai nasional (penumpang dan kargo), Indonesia juga mencatat produksi maskapai internasional yang melakukan penerbangan ke Indonesia selama tahun 2017 mengalami peningkatan, yaitu: jumlah penumpang  yang diangkut sebesar 19.061.737 orang dan angkutan kargonya mencapai 384.936 ton.

“Dari data-data tersebutlah maka sangatlah wajar jika Menzies Aviation membuka perwakilannya di Indonesia, kata Ronald. 

Menzies Aviation beroperasi di 6 benua, dan 200 lebih lokasi di dunia yang ada bandaranya, menawarkan layanan darat dan udara (penumpang dan kargo) yang disesuaikan dengan keinginan pelanggan (customized). 

Untuk saat ini Menzies Aviation Indonesia lebih memfokuskan bisnisnya di layanan kargo yang ada di Bandara Soekarno Hatta,Tangerang, meliputi: Ground Handling, Cargo, Fuelling, Executive Services dan Offline Services.

Zamzam Rhosedya, Vice President Operational, Menzies Aviation Indonesia mengatakan: Layanan kami berikan kepada customer seperti mengatur jadwal layanan kargo secara detail, dukungan alat operasional yang modern, serta staff yang ahli di bidangnya dan berpengetahuan luas seputar logistik udara. Semuanya dilakukan dengan tujuan mempermudah serta memberikan kepuasan layanan terbaik di bandar udara.”

Menzies Aviation Indonesia mendapatkan kustomernya yang pertama pada 1 September 2018, My Indo Airlines, perusahaan penerbangan kargo nasional, untuk freighter dan cargo handlingnya di Tangerang. Airlines ini mempunyai sekitar 12 kali penerbangan per minggu dari CGK ke Singapore (SIN), Balikpapan Sepinnggan Airport (BPN), dan Ahmad Yani International Airport (SRG).

Pada 1 Oktober 2018, Menzies Aviation Indonesia mendapatkan customer kedua, dari perusahaan global ekspress, FedEx, untuk freighter dan cargo handlingnya di Tangerang. FedEx beroperasi 5 kali terbang per minggu untuk rute CGK - Ahmad Yani International Airport (SRG) lalu terbang ke Singapore Changi Airport.

Dengan peresmian perwakilannya ini, ke depan diharapkan kontribusi perusahaan untuk kargo udara nasional akan bertambah baik, serta saling sinergi antara pelaku bisnis kargo di Indonesia, terutama yang ada di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang akan lebih baik lagi, tutup Ronald Ket. 

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Program yang diberi nama Dapur TIKI ini akan tayang setiap Kamis selama Bulan Ramadhan di Youtube Channel TIKI ID.

Details
March 25, 2024

TIKI memprediksi akan terjadi pertumbuhan volume kiriman antara 20-25 persen di Bulan Ramadhan 2024

Details
March 14, 2024

Melalui kerjasama sebagai pendukung logistik BBW tahun ini, diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pecinta buku di Indonesia

Details
March 1, 2024

IAS memastikan seluruh logistik tiba dengan aman, menyambut tim dan para peserta dengan keramahtamahan khas Indonesia, hingga kebersihan area balap

Details
February 29, 2024

GENERAL NEWS