Thursday, 14 March 2019
Potensi Kargo Udara Terus Tumbuh, Menzies Aviation Hadir di Indonesia

TANGERANG - Dalam usaha melebarkan jaringannya, Menzies Aviation, sebuah perusahaan global khusus layanan penerbangan di bandara, kini hadir di Indonesia.

Menzies Aviation meresmikan perwakilannya di Indonesia, tepatnya di Wisma Soewarna Office, Tangerang, dekat dengan lokasi kegiatan operasional bandara udara terbesar di Indonesia, Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK), pada hari Senin (11/3).

Ronald Ket, Senior Vice President, Menzies Aviation Indonesia mengatakan: Menzies Aviation melihat potensi kargo udara di Indonesia sangat besar dan menjanjikan. Data yang kami dapatkan, dari Direktorat Angkutan Udara (Ditjen Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan Indonesia), di tahun 2017 angkutan kargo tercatat sebesar 729.194 ton atau meningkat 1,8 persen dibanding tahun 2016 yang sebesar 715.936 ton.”

Selain dari produksi maskapai nasional (penumpang dan kargo), Indonesia juga mencatat produksi maskapai internasional yang melakukan penerbangan ke Indonesia selama tahun 2017 mengalami peningkatan, yaitu: jumlah penumpang  yang diangkut sebesar 19.061.737 orang dan angkutan kargonya mencapai 384.936 ton.

“Dari data-data tersebutlah maka sangatlah wajar jika Menzies Aviation membuka perwakilannya di Indonesia, kata Ronald. 

Menzies Aviation beroperasi di 6 benua, dan 200 lebih lokasi di dunia yang ada bandaranya, menawarkan layanan darat dan udara (penumpang dan kargo) yang disesuaikan dengan keinginan pelanggan (customized). 

Untuk saat ini Menzies Aviation Indonesia lebih memfokuskan bisnisnya di layanan kargo yang ada di Bandara Soekarno Hatta,Tangerang, meliputi: Ground Handling, Cargo, Fuelling, Executive Services dan Offline Services.

Zamzam Rhosedya, Vice President Operational, Menzies Aviation Indonesia mengatakan: Layanan kami berikan kepada customer seperti mengatur jadwal layanan kargo secara detail, dukungan alat operasional yang modern, serta staff yang ahli di bidangnya dan berpengetahuan luas seputar logistik udara. Semuanya dilakukan dengan tujuan mempermudah serta memberikan kepuasan layanan terbaik di bandar udara.”

Menzies Aviation Indonesia mendapatkan kustomernya yang pertama pada 1 September 2018, My Indo Airlines, perusahaan penerbangan kargo nasional, untuk freighter dan cargo handlingnya di Tangerang. Airlines ini mempunyai sekitar 12 kali penerbangan per minggu dari CGK ke Singapore (SIN), Balikpapan Sepinnggan Airport (BPN), dan Ahmad Yani International Airport (SRG).

Pada 1 Oktober 2018, Menzies Aviation Indonesia mendapatkan customer kedua, dari perusahaan global ekspress, FedEx, untuk freighter dan cargo handlingnya di Tangerang. FedEx beroperasi 5 kali terbang per minggu untuk rute CGK - Ahmad Yani International Airport (SRG) lalu terbang ke Singapore Changi Airport.

Dengan peresmian perwakilannya ini, ke depan diharapkan kontribusi perusahaan untuk kargo udara nasional akan bertambah baik, serta saling sinergi antara pelaku bisnis kargo di Indonesia, terutama yang ada di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang akan lebih baik lagi, tutup Ronald Ket. 

Author: Eko Nugroho
GO Ina

Program talkshow pada 19-21 Maret 2019  yang di gelar di UniversitasPancasila, Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN), dan Universitas Darma Persada, Jakarta menandakan resminya dimulai rangkaian roadshow ini. Menghadirkan narasumber untuk berbagi pengalaman, dua pengusaha muda yang sukses membangun lokal bisnis di usia muda yaitu; Stephen Lucas, Co Founder brand lokalVoyej, memproduksi aksesoris berbahan kulit sapidanDirez, Co Founder Blues ville & Darahkubiru, dibidang pakaian pria dengan bahan denim.

Details
March 22, 2019

Lion Air menginformasikan, bahwa dengan adanya temporary grounded penerbangan Lion Air tetap
beroperasi normal. Lion Air meminimalisir dampak yang timbul agar operasional dapat berjalan dengan baik
dan tidak terganggu. Lion Air tetap melayani rute-rute yang selama ini dioperasikan Boeing 737 MAX 8
dengan mengganti menggunakan armada Lion Air lainnya. Lion Air mengoperasikan berbagai tipe pesawat,
terdiri dari 70 Boeing 737-900ER (215 kelas ekonomi), 38 Boeing 737-800NG (189 kelas ekonomi) dan tiga
Airbus A330-300 (440 kelas ekonomi).

Details
March 21, 2019

“Lion Parcel berpartisipasi dalam acara Hari Konsumen Nasional 2019 dengan tujuan berkomitmen dalam

meningkatkan kepuasan pelanggan terutama bagi pasar retail yang berfokus Online Selling Market atau Social
Commerce. Pada umumnya online seller (penjual online) menginginkan transaksi praktis (tidak ingin repot dan
bersusah payah keluar rumah atau toko) untuk mengirim barang. Dengan dasar kebutuhan itulah Lion Parcel
hadir menjawab tantangan sekaligus peluang tersebut,” jelas Farian.

Details
March 21, 2019

Karena karakteristik itulah, Malindo Air memulai penerbangan perdana antara Langkawi
dan Melaka di Malaysia yang dioperasikan menggunakan pesawat ATR 72-600 berkapasitas
72 kursi. Penerbangan tersedia tiga kali setiap minggu pada Rabu, Jumat dan Minggu.
Penerbangan nomor OD-1350 berangkat dari Bandar Udara Internasional Melaka (MKZ)
pukul 14.05 waktu setempat (Malaysia Standard Time, GMT+8), membawa 72 penumpang
dan tiba di Bandar Udara Internasional Langkawi (LGK) pukul 15.45 waktu setempat. Malindo
Air mendapatkan sambutan hangat dengan water cannon, diikuti flower gallon dan
pemberian goodie bags kepada penumpang di terminal kedatangan.

Details
March 20, 2019

GENERAL NEWS