Breaking News:
Thursday, 5 October 2023
Dengan Layanan Multimoda, APLog Kembali Tangani Logistik Kargo MotoGP 2023 Mandalika

Troficiendy Suroso, Direktur Operasi APLog sedang memberikan keterangan kepada awak media yang meliput langsung proses bongkar-muat di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Lombok (dok. aplog)


Putaran ke-16 ajang balap dunia MotoGP 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, akan dilaksanakan pada tanggal 13 - 15 Oktober 2023 mendatang. Semua persiapan telah dilakukan guna menyambut ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut, termasuk penanganan layanan logistik kargo MotoGP, baik saat kedatangan dan kepulangan race equipment.

BUMN logistik terintegrasi, PT Angkasa Pura Logistik (APLog) kembali dipercaya menangani kargo MotoGP 2023 setelah berhasil menangani beberapa kargo internasional di berbagai special event sebelumnya. APLog dengan layanan terintegrasinya, menghadirkan layanan Multimoda agar memudahkan customer dalam ekspor-impor untuk kiriman kargo dengan atau kombinasi angkutan udara, darat, laut termasuk kargo transhipment, juga pengiriman door to door, bea cukai, dan konsolidasi.

Kedatangan logistik kargoMotoGP dilakukan secara bertahap, dimulai sejak 28 September sampai nanti pada 9 Oktober 2023, dengan total kargo kurang lebih 525 ton.

Melalui angkutan laut, sebanyak 20 total kontainer asal negara Eropa dan Asia tiba dan diperiksa oleh pihak Bea Cukai di Tanjung Priok Jakarta dan Tanjung Perak Surabaya. Lalu kontainer melanjutkan perjalanan via laut kembali menuju Pelabuhan Lembar Lombok NTB, dan terakhir via darat, dengan trucking menuju Mandalika Internasional Circuit.

Disamping melalui laut, pada Selasa (3 Oktober), secara bertahap, kargo MotoGP juga dikirimkan melalui angkutan udara dengan menggunakan freighter dari maskapai Jepang, Nippon Cargo Airlines (NCA). Freighter pertama, flight number KZ6231, yang mengangkut sepeda motor dan spare part serta alat pendukung MotoGP, tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM), Lombok, dengan muatan kurang lebih 111 ton. Disusul freighter kedua, flight number KZ2233, dengan muatan kurang lebih 93 ton.

“Untuk kesekian kalinya Angkasa Pura Logistik dipercaya oleh MGPA (Mandalika Grand Prix Association), dan DORNA Sports selaku promotor MotoGP dan WSBK untuk menangani logistik pada even MotoGP Mandalika. Estimasi total kargo MotoGP 2023 adalah sekitar 525 ton, baik yang melalui pengiriman laut dan udara. Ada 4 tahapan yang di-handling oleh APLog yaitu mulai dari tahap loading, distribusi, unloading, dan breakdown,” kata Troficiendy Suroso, Direktur Operasi APLog kepada awak media yang meliput langsung proses bongkar-muat di Bandara Lombok.

Tambahnya, penanganan kargo dengan layanan multimoda untuk spesial event internasional berbagai balapan motor, bukanlah hal yang baru bagi APLog. “Karena sejak 2021, Angkasa Pura Logistik telah menangani kargo WSBK (World Superbike) Mandalika sampai 2023, lalu event MotoGP Mandalika dari tahun 2022 hingga sekarang, dan juga event balapan motocross dunia MXGP pada pertengahan tahun 2023 di Sumbawa dan Lombok,” jelas Troficiendy.

APLog terus berkomitmen selalu memberikan pelayanan terbaik di bidang logistik. Melanjutkan kepercayaan dan apresiasi atas kompetensi APLog dalam penanganan logistik pada spesial event internasional berbagai balapan motor yang telah terlaksana sejak 2021 hingga sekarang, juga sebagai bentuk dukungan APLog dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan pariwisata di Indonesia dan meningkatkan pendapatan negara.

Author: Martin Jop
GO Ina

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

GENERAL NEWS