Breaking News:
Friday, 18 June 2021
Kiriman Kargo Melonjak, AirAsia Operasikan Armada Kargo, B737-800F dan A320P2F

Usaha logistik di bawah AirAsia digital, Teleport, kembali memperkuat posisinya sebagai penyedia layanan logistik utama di Asia dengan mengoperasikan pesawat kargo pertamanya, Boeing 737-800F dan dua Airbus 320 P2F (Passanger to Freighter - konfigurasi pesawat penumpang menjadi pesawat kargo).

Khusus B737-800F akan beroperasi mulai awal kwartal III (Q3) - 2021 ke berbagai destinasi di Asia melalui hub Teleport di Bangkok. Kapasitas tambahan ini juga akan memperkuat jaringan rute antara Tiongkok, India dan Asia Tenggara, serta meningkatkan konektivitas Teleport untuk menjangkau pasar destinasi jarak jauh.

Sedangkan dua pesawat A320 P2F akan berbasis di Malaysia dan Thailand. Pesawat tersebut akan terbang dari dua hub strategis AirAsia di Bangkok dan Kuala Lumpur ke kota-kota utama seperti Hanoi, Ho Chi Minh City, Hong Kong, Jakarta dan Yangon.

Konversi A320 di Malaysia dilakukan oleh Asia Digital Engineering (ADE), anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh AirAsia Group Berhad. Sementara A320 yang berbasis di Thailand dikonversi oleh Thai AirAsia.

Chief Operating Officer Teleport, Adrian Loretz mengatakan, “Kami sangat senang dapat mengumumkan ekspansi ini yang akan semakin memperkuat portfolio layanan logistik kami di Asia. Berdasarkan temuan kami akhir tahun lalu, kapasitas kargo pesawat penumpang tidak cukup untuk melayani permintaan kargo dalam jangka panjang, sehingga kami mengevaluasi opsi untuk menggunakan pesawat kargo khusus. Langkah ini merupakan bagian dari strategi kami untuk mengembangkan kapasitas dan konektivitas untuk melayani pengiriman door-to-door 24 jam di seluruh Asia Tenggara.”

Lanjutnya, tipe pesawat yang dioperasikan ini, sangat cocok untuk menjawab lonjakan permintaan baik e-commerce maupun permintaan kargo lainnya. “Kami ingin mengembangkan jaringan kami dengan pesawat kargo khusus ini. Kami hadir untuk jangka waktu panjang dan siap untuk melakukan banyak hal dengan tambahan pesawat kargo khusus dan pesawat yang dikonversi”, tutup Adrian Loretz.

Sejak 2020, Teleport telah membangun jaringan khusus kargo di seluruh jalur kargo udara utama di Asia Tenggara untuk memenuhi peningkatan permintaan e-commerce dan kargo secara keseluruhan. Pada bulan Mei, AirAsia mengoperasikan enam pesawat A330 dan dua A320 atas nama Teleport dan berencana untuk meningkatkan jumlah pesawat kargo dalam tahun ini. Dengan pengoperasian pesawat kargo dan pesawat yang dikonversi, Teleport lebih dapat diandalkan untuk mengirimkan lebih banyak kargo dan memperkuat jangkauannya di seluruh Asia.

Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS