Breaking News:
Friday, 9 December 2022
Tekan Kecelakaan Lalu Lintas, SiCepat Rutin Berikan Training Safety Driving untuk SiGesit Driver

Perusahaan logistik tentu membutuhkan kendaraan angkutan yang tangguh untuk mengantarkan suatu barang ke tempat lain. Tetapi jangan lupa, pengemudi juga memiliki peran penting bagi perusahaan logistik dalam mengantar barang.

Oleh karena itu, SiCepat Ekspres (SiCepat) terus mengingatkan para karyawan operasional khususnya pengemudi (driver) untuk selalu mengutamakan keselamatan serta kesehatan saat bekerja.

Salah satunya melalui pelatihan keamanan berkendara (safety driving) yang diadakan pada Kamis (24 Nop) di dua lokasi berbeda yaitu Sortation Puninar Jakarta Timur dan Sortation Bandung. Pelatihan ini dibawakan langsung oleh tim Track SiCepat Ekspres yang menjelaskan tentang keamanan dalam berkendara hingga berbagai risiko kecelakaan.

Pelatihan safety driving untuk pengendara mobil atau truk penting diketahui oleh para driver. Kurangnya pengetahuan dan keterampilan pada saat mengemudi akan berbahaya bagi siapapun yang berkendara di jalan.

Pelatihan ini mengajarkan kepada para driver bagaimana cara berkendara yang aman, cerdas pada saat mengemudikan sebuah kendaraan dengan standar keselamatan dan keterampilan tata cara yang benar.

Putra Senjara, Assistant Manager Health, Safety, & Environment (HSE) SiCepat Ekspres mengatakan jika pelatihan safety driving ini sangat penting untuk diikuti bagi para driver SiCepat. Kegiatan safety driving ini bertujuan untuk menurunkan angka kecelakaan kerja pada driver dengan melibatkan TRAC yang sudah berpengalaman di bidang ini

‘Menurut saya driver yang membawa mobil sebisa mungkin wajib paham mengenai teknik mengemudi, komponen, hingga karakteristik barang yang dibawa. Apalagi safety driving dalam berkendara menjadi salah satu keterampilan dengan standar keselamatan serta cara mengemudi yang aman agar tetap fokus pada diri driver itu sendiri,” kata Putra.

Ia menambahkan jika melalui pelatihan safety driving ini tidak sedikit para driver yang menyadari mengenai pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas hingga keamanan saat membawa kendaraan. Pelatihan bagi driver tersebut juga menjadi dukungan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam mengendarai serta fokus pada keselamatan berkendara. Dengan adanya pelatihan yang dilakukan maka juga ikut berkontribusi menurunkan angka kecelakaan yang disebabkan oleh para driver.

Agar mereka dapat berkendara dengan aman, tidak hanya kondisi tubuh saja yang harus diperhatikan, namun juga kondisi truk yang digunakan. Bagi para driver ada beberapa cara untuk menghindari terjadinya kecelakaan di jalan, misalnya tidur yang cukup, mengurangi minuman berkafein, segera menepi jika mengantuk atau kelelahan, mengatur posisi duduk yang nyaman, hingga menjaga kebersihan kendaraan.

Pelatihan safety driving ini merupakan salah satu program rutin yang diadakan oleh tim Human Capital (HC) SiCepat Ekspres setiap bulannya bagi para driver. Selain pemaparan materi, pelatihan safety driving ini juga melakukan praktek mulai dari persiapan kondisi fisik, mengecek seluruh komponen mobil, hingga tata cara mengemudi yang baik dan benar. Kegiatan ini diberikan bagi para driver yang berada di wilayah Jabodetabek dan Bandung.

Author: Martin Jop
GO Ina

Program yang diberi nama Dapur TIKI ini akan tayang setiap Kamis selama Bulan Ramadhan di Youtube Channel TIKI ID.

Details
March 25, 2024

TIKI memprediksi akan terjadi pertumbuhan volume kiriman antara 20-25 persen di Bulan Ramadhan 2024

Details
March 14, 2024

Melalui kerjasama sebagai pendukung logistik BBW tahun ini, diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pecinta buku di Indonesia

Details
March 1, 2024

IAS memastikan seluruh logistik tiba dengan aman, menyambut tim dan para peserta dengan keramahtamahan khas Indonesia, hingga kebersihan area balap

Details
February 29, 2024

GENERAL NEWS