Breaking News:
Wednesday, 12 April 2023
Per 1 April, Trigana dan NGA Mulai Mengoperasikan Penerbangan Perintis dari Oksibil Papua

Pada Sabtu 1 April 2023, penerbangan udara perintis khusus angkutan kargo mulai beroperasi untuk Koordinator Wilayah (Korwil) Oksibil, Papua. Penerbangan perintis kargo ini akan dilayani oleh operator penerbangan PT. Trigana Air Service (Trigana) dan PT. Nasional Global Aviasi (NGA).

“Penerbangan perintis kargo ini tentunya sangat membantu pengiriman dan pendistribusian barang-barang di Korwil Oksibil, dan pastinya sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Kristi Endah Murni yang menyambut baik kegiatan.

Penerbangan perintis kargo ini melayani rute penerbangan Merauke - Oksibil dengan operator penerbangan Trigana. Sedangkan rute penerbangan Oksibil menuju 10 Distrik yaitu Teraplu, Okbibab, Borme, Diphikin, Waieme (Tauban), Kawor, Aboy, Tinibil, Bime dan Batom) dioperasikan oleh NGA.

Sebelumnya dijadwalkan penerbangan perintis kargo ini akan dimulai pada minggu ke-4 bulan Maret, akan tetapi karena bertepatan dengan jadwal maintenance pesawat, maka baru bisa dioperasikan awal April ini.

Untuk memenuhi target realisasi frekuensi penerbangan maka jadwal semula 2 kali dalam seminggu menjadi 4 kali dalam seminggu, khusus untuk rute penerbangan Merauke - Oksibil.

“Kami (Ditjen Hubud) berharap, operator penerbangan dapat melaksanakan program penerbangan angkutan udara perintis ini sesuai kontrak kerja yang telah disepakati pada akhir Desember 2022. Tentunya dengan selalu memprioritaskan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan,” kata Kristi.

Menurutnya, menjalankan program angkutan udara perintis ini tentunya tidak mudah. Banyak tantangan yang dihadapi seperti masih terbatasnya sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi khusus di remote area/daerah pegunungan, terbatasnya jumlah pesawat, kondisi keamanan dan teknis bandara, dan termasuk juga faktor alam seperti cuaca buruk dan bencana alam.

"Tantangan akan selalu ada, namun berkat kolaborasi dan sinergitas bersama Kementerian/Lembaga terkait, serta dukungan Pemerintah Daerah dan pihak keamanan TNI/Polri, operasional penerbangan angkutan udara perintis dapat berjalan," jelasnya.

Kristi berharap dengan adanya penerbangan perintis kargo ini dapat membantu penurunan disparitas harga serta pemerataan pembangunan dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Author: Martin Jop
GO Ina

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

GENERAL NEWS