Breaking News:
Thursday, 1 June 2023
Terus melakukan Inovasi yang Sesuai Kebutuhan Pasar sehingga Lion Parcel dapat Jadi Partner Masyarakat dalam Jasa Pengiriman

Tahun 2022 merupakan tahun pemulihan setelah 2 tahun pandemi. Aktivitas bisnis berangsur kembali normal. Begitu pula dengan sektor logistik, khususnya jasa kiriman ekspres. Hingga saat ini, preferensi belanja masyarakat yang cenderung memilih online, menjadi salah satu faktor pemicu meningkatnya kebutuhan pengiriman barang. Selain itu, ramainya ragam bisnis social commerce juga turut berkontribusi. Pada akhirnya banyak perusahaan jasa kiriman ekspres menutup tahun 2022 dengan pertumbuhan yang positif.

Namun semua itu tidak dapat didapat secara instan, penuh tantangan, kerja keras, perlu strategi, dan tentunya investasi. Begitu juga apa yang dilakukan Lion Parcel, salah satu anak usaha dari Lion Air Group, yang saat ini telah menjangkau ke 98% area di Indonesia dan 46 negara internasional di 5 benua.

Lion Parcel percaya berbagai inovasi dan inisiatif yang tepat dengan kebutuhan pasar adalah kunci dalam menjalankan bisnis di industri manapun. Termasuk adaptasi teknologi digital pada layanan pengiriman guna memberikan kemudahan bagi pelanggan.

Untuk mengetahui kabar terbaru mengenai perkembangan Lion Parcel, Cargo Times (CT) mendapatkan wawancara ekslusive by email dengan Farian Kirana, Chief Executive Officer Lion Parcel. Berikut wawancara tersebut:


CT: Bagaimana performance bisnis Lion Parcel di tahun 2022, dan bagaimana progres pada tahun ini?

Farian Kirana: Banyak program dan inisiatif yang telah dilakukan Lion Parcel sepanjang tahun 2022 yang dikeluarkan untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan dan tren yang berkembang di masyarakat. Layanan Lion Parcel tersebut meliputi:

1. Peluncuran layanan JAGOPACK, untuk membantu para UMKM dan pemain social commerce dalam memaksimalkan bisnisnya lewat layanan ongkos kirim murah.

2. Untuk mengakomodir dan memberikan akses para seller dan UMKM dalam mengirimkan paket ukuran besar dengan harga yang terjangkau, di kuartal tiga tahun 2022 Lion Parcel meluncurkan kembali layanan BIGPACK, yang memberikan ongkos kirim semakin murah kepada barang yang semakin berat (berat minimal 10 kilogram).

3. Mengadakan promo BERKAH (Berani Kasih Hadiah), dan promo BRANKAS (Berani Kasih Emas), sebagai bentuk apresiasi Lion Parcel bagi para pelanggan yang setia menggunakan layanan pengiriman Lion Parcel dengan membagi-bagikan hadiah dan emas bernilai miliaran rupiah.

4. Perluncuran Program PASTI (Paket Telat Sehari Ongkir Diganti) di akhir tahun 2022 sebagai komitmen Lion Parcel dalam menyediakan layanan pengiriman yang aman dan terpercaya. Lewat program ini, Lion Parcel memastikan pengembalian ongkos kirim kepada pelanggan layanan ONEPACK, REGPACK, dan JAGOPACK jika pengiriman yang dilakukan mengalami keterlambatan sehari dari waktu yang telah dijanjikan seperti tertera pada resi yang diberikan saat barang diserahkan*

5. Kolaborasi dan kerja sama dengan para partner untuk mengembangkan bisnis Lion Parcel lebih baik lagi. Contohnya, kerjasama bersama Luwjistik sebagai partner pengiriman internasional, Cermati sebagai mitra asuransi, dan berbagai mitra strategis lainnya.

Seluruh inisiatif, program, dan kampanye ini membantu kami menutup tahun 2022 dengan baik. Kami optimis dapat meningkatkan kinerja di tahun 2023 dengan target peningkatan volume pengiriman hingga 45% di akhir tahun.

CT: Bisa dijelaskan update terbaru jumlah kantor cabang dan jumlah tenaga SDM Lion Parcel saat ini?

Farian Kirana: Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap layanan jasa kirim, kami terus melakukan ekspansi guna memudahkan operasional. Saat ini Lion Parcel telah memiliki 238 kantor cabang di seluruh Indonesia yang siap membantu pengiriman paket ke area domestik dan internasional. Pertumbuhan bisnis Lion Parcel tentunya didukung oleh SDM yang kompeten yang saat ini jumlahnya lebih dari 2.000 karyawan.

Di tahun 2022, kami terus mengoptimalkan jangkauan pengiriman barang, yang saat ini telah menjangkau ke 98% area di Indonesia dan 46 negara internasional di 5 benua. Kami juga memperkuat jaringan lewat kerja sama dengan lebih dari 7.000 agen, 15.000 kurir antar, dan 3.000 armada darat untuk terus menyediakan layanan yang maksimal.

CT: Bagaimana progres bisnis Lion Parcel pada tahun 2023 ini?

Farian Kirana: Lion Parcel sejauh ini mencatatkan perkembangan bisnis yang positif, dimana sepanjang bulan Ramadan 2023 kami juga mencatat adanya peningkatan volume pengiriman hingga 20% dibandingkan dengan Ramadan 2022.

Kami optimis dapat terus menjalankan tahun 2023 dengan baik. Lion Parcel akan terus berusaha mengembangkan berbagai inovasi dan inisiatif agar secara konsisten dapat menjawab kebutuhan pasar yang terus berkembang.

CT: Bagaimana strategi Lion Parcel dalam menjalankan bisnis ekspres, mengingat kompetisi bisnis ini cukup ketat ?

Farian Kirana: Kami percaya inovasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar adalah kunci dalam menjalankan bisnis di industri manapun. Lion Parcel terus berusaha melakukan beragam inovasi yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan sehingga dapat menjadi partner masyarakat dalam memenuhi kebutuhan jasa kirim. Beberapa inovasi yang telah dilakukan, yaitu:

1. Penguatan jaringan & infrastruktur baik secara domestik maupun internasional. Pada kuartal pertama 2023, kami telah menambah lima negara internasional baru, yaitu Kazakhstan, Finlandia, Monako, Denmark, dan Meksiko, yang melengkapi destinasi favorit pelanggan seperti Asia Tenggara, Arab Saudi, Hong Kong, maupun Australia. Dengan demikian, layanan INTERPACK saat ini telah menjangkau 46 negara.

2. Meningkatkan aksesibilitas layanan masyarakat dengan perluasan agen secara berkala. Saat ini. kami bekerja sama dengan lebih dari 7.000 agen di seluruh Indonesia yang akan terus bertambah di 2023 ini. Tercatat, kami menerima hingga 5.000 pendaftar agen baru setiap bulannya.

3. Memperkenalkan program dan kampanye yang tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat:

a. Awal 2023, Lion Parcel memperkenalkan Diskon 20% bagi pengiriman di bawah 1kg yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum ataupun seller-seller yang sering mengirimkan barang jualannya dengan berat di bawah 1kg untuk keuntungan lebih.

b. Memperpanjang program PASTI (Paket Telat Sehari, Ongkir Diganti) yang telah diluncurkan sejak akhir tahun 2022 dan mendapatkan respon positif dari masyarakat. Program ini terbukti efektif memberikan jaminan keamanan bagi pelanggan yang mengirimkan paketnya dengan Lion Parcel karena ada jaminan biaya ongkos kirim kembali apabila pelanggan menerima paket terlambat dari SLA (Service Level Agreement).

4. Dari sisi pemasaran, kami juga telah memperkenalkan selebritis, Denny Sumargo, sebagai Chief Eksentrik Officer (CEO) Lion Parcel. Denny akan berperan aktif dalam mengembangkan brand Lion Parcel secara holistik, serta mempromosikan program dan kampanye Lion Parcel lewat konten-konten kreatif di sosial media untuk menggandeng audience yang lebih masif, namun tetap relevan dengan target pasar Lion Parcel.

Dengan empat strategi di atas itu, kami yakin mampu membantu Lion Parcel untuk tetap dapat bersaing di industri logistik Tanah Air.

CT: Apa rencana Lion Parcel ke depan dalam memperkuat operasional perusahaan?

Farian Kirana: Lion Parcel percaya memperkuat sistem operasional perusahaan adalah kunci dalam menghadirkan layanan terbaik bagi pelanggan. Oleh karena itu, merupakan komitmen kami untuk terus mengembangkan sistem operasional perusahaan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Salah satu upaya yang telah kami lakukan yaitu adaptasi teknologi digital pada layanan pengiriman guna memberikan kemudahan bagi pelanggan.

Beberapa transformasi digital yang telah kami lakukan yaitu:

1. Mengembangkan aplikasi Lion Parcel - Menghadirkan aplikasi sebagai one stop solution dengan ragam fitur seperti pick up paket, cek tarif, cek resi, loyalty program PARCEL POIN, hingga akses berbelanja di platform marketplace Lion Parcel BisaBelanja. Itu semua diharapkan dapat mempermudah akses pelanggan dalam menjangkau layanan dan informasi Lion Parcel. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store dan Apps Store.

2. Digitalisasi layanan kurir - Dengan sistem kurir yang lebih terdigitalisasi pada driver apps, Lion Parcel yakin dapat memudahkan lebih dari 15.000 kurir antar untuk pick-up dan mengantar paket para pelanggan. Sistem ini memungkinkan transparansi status pengiriman, seperti real time tracking, dashboard sharing, POD, hingga notifikasi untuk para pelanggan via WhatsApp.

3. Menghadirkan Liona, virtual assistant - Liona menjadi first touchpoint bagi pelanggan dan mitra untuk mendapatkan informasi dan solusi seputar layanan Lion Parcel. Liona dapat membantu untuk melayani pelanggan dan mitra lebih cepat, karena dapat diakses melalui berbagai platform customer service Lion Parcel, yaitu WhatsApp +62811-1960-0999, website lionparcel.com, telepon +6221 80820072, e-mail [email protected], hingga media sosial Lion Parcel Instagram, Facebook, dan Twitter.

4. Memperkuat sistem internal - Lion Parcel terus mengembangkan core system dan telah memanfaatkan cloud server untuk mempermudah integrasi data seluruh operasional Lion Parcel, serta meningkatkan fleksibilitas dalam menampung volume permintaan yang meningkat. Safety limit juga diterapkan untuk mengantisipasi kapasitas server cloud saat kebutuhan pengiriman sedang tinggi, sehingga Lion Parcel akan mendapatkan notifikasi apabila kapasitas cloud sudah perlu ditingkatkan.

5. Memaksimalkan digital marketing - Digitalisasi juga turut mengubah gaya konsumsi media masyarakat, di mana saat ini sangat bergantung pada internet dan sosial media. Oleh karena itu, saat ini Lion Parcel juga terus memaksimalkan platform digital dalam melakukan komunikasi dan promosi di setiap kampanyenya guna menjangkau masyarakat sesuai dengan target audience yang disasar.

Pemaksimalan digitalisasi di sisi operasional, customer service dan marketing ini membawa berkah bagi Lion Parcel dengan memenangkan ragam penghargaan di tahun 2022 dan 2023, seperti:

1). Indonesia Branding Awards 2023, Digital Marketing Campaign category for PASTI, by Markplus, 2). TOP Digital Implementation 2022 Level Stars 3 by IT Works Magazine, 3). Best of The Best Digital Marketing Team at Indonesia Digital Marketing Awards 2022 by SWA Media Group and Business Digest, 4). Best of The Best Customer Service Team at Indonesia Customer Service Awards 2022 by SWA Media group and Business Digest, dan 5). Marketeers OMNI Brands of The Year 2022 for JAGOPACK.

CT: Untuk bisnis berkelanjutan, diperlukan strategi kolaborasi dengan perusahaan lain. Apakah Lion Parcel menjalankan strategi itu ? Bisa dijelaskan secara singkat.

Farian Kirana: Kami percaya kolaborasi adalah salah satu kunci dalam mengembangkan bisnis. Lion Parcel terbuka dengan beragam jenis kerjasama dan kolaborasi yang dapat memudahkan pelanggan dan tentunya memajukan industri logistik di Indonesia.

Salah satunya di awal tahun 2023, kami berkolaborasi dengan PT Pos Indonesia dalam rangka mendukung percepatan distribusi paket dan dokumen ke seluruh area di Indonesia. Kerjasama ini membantu proses pengiriman PT Pos Indonesia menjadi lebih cepat dan efisien. Lewat kolaborasi ini juga, menjadi salah satu wujud dukungan Lion Parcel terhadap peningkatan pergerakan logistik di Indonesia untuk jangkauan jangka panjang, yang berpengaruh pada pemenuhan permintaan layanan logistik bagi masyarakat dan pengguna jasa.

Selain itu, Lion Parcel juga aktif bekerja sama dengan ratusan seller dan komunitas untuk membantu proses distribusi barang mereka, baik domestik maupun internasional. Salah satunya adalah komunitas seller “Jakcloth”.

Author: Mar / Dpar
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS