Wednesday, 20 July 2022
Dalam Talkshow Trending Marketeers TV, SiCepat Sharing Kunci Sukses Digital Marketing

kiri-kanan: Adlin Noor Syarif, Senior Digital Strategist Partner PT Sasa Inti, Wiwin Dewi Herawati, CMCCO SiCepat Ekspres, dan host Marketeers TV, dalam acara Talkshow ‘Trending: New Digital Marketing’ (Senin 11 Juli 2022).

Perkembangan digital marketing terbilang begitu pesat dan menjadi isu menarik untuk dibicarakan. Dalam Talkshow yang diselenggarakan oleh Marketeers bertajuk ‘Trending: New Digital Marketing’ pada Senin 11 Juli 2022 mengundang Wiwin Dewi Herawati selaku CMCCO SiCepat Ekspres dan Adlin Noor Syarif selaku Senior Digital Strategist Partner PT Sasa Inti.

Dalam kesempatan ini, Wiwin Dewi Herawati selaku CMCCO SiCepat Ekspres membagikan sudut pandanganya mengenai perkembangan digital marketing yang terjadi pada sebuah perusahaan khususnya di bidang logistik.

Saat ini pertumbuhan atau perkembangan bisnis logistik memang tengah dipicu oleh pertumbuhan dunia digital atau teknologi informasi khususnya di masa pandemi. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya kemunculan marketplace di bidang logistik dan transportasi.

Untuk bisa mencapai digital marketing yang berhasil, menurut Wiwin terdapat tiga strategi yang harus diterapkan yaitu customer management, product management, dan brand management. Strategi ini sangat penting untuk bisa berkesinambungan dengan digital marketing, sehingga dapat terhubung dengan digitalisasi.

Pendekatan ini juga diimplementasikan SiCepat Ekspres untuk bisa berinteraksi dengan para customer melalui platform digital yang ada, salah satunya melalui SiCepat SuperApp. Saat ini SiCepat memang tengah gencar mempromosikan SiCepat SuperApp - yang dapat memudahkan customer ataupun seller dalam melakukan aktivasi digital.

Apalagi perkembangan kemajuan SiCepat Ekspres juga sangat berkaitan dengan UKM dan UMKM. Melalui SiCepat SuperApp ini, para brand-brand yang telah menjadi member SiCepat bisa berpartisipasi di dalamnya dalam memasarkan produk mereka.

Selain itu, SiCepat Ekspres juga bekerja sama dengan brand ambassador untuk mempromosikan produk-produk member tanpa dipungut biaya. Sinergi yang dilakukan melalui aktivasi digital seperti ini dapat membangun pertumbuhan bisnis dari UKM dan UMKM dari member SiCepat.

Ia menambahkan tujuan dari digital marketing juga untuk menarik customer dan calon customer secara cepat. Penerimaan teknologi dan internet di masyarakat memang sangat luas, sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama dalam aktivasi digitalisasi.

“Digital marketing membantu suatu bisnis ataupun sebuah brand dalam menjangkau lebih banyak audiens daripada melalui metode konvensional. Selain dapat menjangkau audiens, digital marketing juga lebih jelas dan terukur,” kata Wiwin.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Adlin Noor Syarif selaku Senior Digital Strategist Partner PT Sasa Inti menjelaskan perkembangan digital di Indonesia memang sangat cepat khususnya di masa pandemi saat ini.

Digitalisasi saat ini memang membuat masyarakat lebih cepat melek digital dan beradaptasi untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Contohnya di awal masa pandemi, banyak masyarakat yang beralih ke platform digital untuk bisa berbelanja kebutuhan secara online karena tidak bisa keluar dari rumah.

Tidak hanya itu, kemunculan berbagai platform baru seperti metaverse, teknologi blockchain, hingga NFT banyak dimanfaatkan oleh brand-brand untuk bisa menarik perhatian para customer.

Kemajuan digital marketing tentu juga didukung dengan berbagai konten-konten yang menarik di dalamnya. Menurut Adlin, salah satu konten yang paling banyak diminati oleh masyarakat saat ini adalah storytelling. Dalam prakteknya, penggunaan kisah atau segala hal yang melibatkan emosi manusia bermanfaat untuk meningkatkan kesetiaan customer terhadap produk kita.

“Dalam pembuatan konten pun kita harus tau pesan apa yang ingin kita sampaikan, sehingga tidak hanya ingin viral saja, tapi bagaimana bisa menjadi top of mind bagi customer atau audiens. Dan sebuah brand harus bisa melihat siapa target yang mereka tuju dan bisa membedakannya dari sisi objektif,” kata Adlin.

Author: Martin Jop
GO Ina

Tidak hanya itu, SOBATIKI dimanjakan dengan berbagai keuntungan mulai dari kemudahan bertransaksi, tarif kompetitif hingga hadiah menarik

Details
August 11, 2022

Lion Parcel jadi mitra first mile ekspor dari Indonesia ke Malaysia, dan mitra impor dari Singapura, Malaysia, Hong Kong, dan Inggris ke Indonesia.

Details
August 4, 2022

Digital marketing yang berhasil, menerapkan tiga strategi yaitu customer management, product management, dan brand management.

Details
July 20, 2022

J&T Express akan berkontribusi pada pengembangan e-commerce di pasar MENA dan ekspansi yang dilakukan di Mesir.

Details
July 16, 2022

GENERAL NEWS