Breaking News:
Wednesday, 29 March 2023
Kembangkan Ekspor Ikan Hias, APK dan Kalikan Jalin Kerjasama

Anak usaha PT Angkasa Pura II Group, PT Angkasa Pura Kargo (APK) dan PT Jelajah Inovasi Nusantara (Kalikan) pada Rabu, 8 Maret 2023 melakukan kerjasama penandatanganan NDA dan MOU, yang dilakaukan oleh Gautsil Madani – Direktur Utama APK, dengan Ardani Yusuf Prawira – CEO Kalikan.

Bentuk kerjasama yang dilakukan antara APK dan Kalikan adalah kerjasama pemanfaatan lahan di bandara dan cargo handling. Kerjasama ini menghadirkan keuntungan bagi kedua belah pihak, yaitu pengembangan bisnis untuk mencapai ke hulu bisnis dengan harapan dapat menangani pengiriman khusus yaitu ikan hias dan pemanfaatan lahan idle bagi Angkasa Pura II (AP 2).

Dalam kerjasama ini, APK menawarkan keunggulan dalam segi service berupa integrated cargo solutions dan dapat mengelola lahan strategis di bandara sehingga Kalikan mudah dalam melakukan kegiatan ekspor ikan hias ke pasar internasional.

Disampaikan Gautsil Madani: “Meskipun memiliki banyak potensi, Indonesia hanya tercatat sebagai eksportir ikan hias terbesar keempat di dunia. Indonesia masih kalah jauh dari Singapura yang hanya melakukan re-ekspor, salah satunya dari Indonesia, tetapi mampu menduduki peringkat satu eksportir ikan hias di dunia,” jelasnya.

Sedangkan Ardani Yusuf Prawira, CEO PT Jelajah Inovasi Nusantara (Kalikan) juga menyampaikan bahwa Indonesia memiliki banyak ikan yang unik dari Sabang sampai Merauke, tetapi tidak dilirik pasar internasional karena masih kalah saing dengan Singapura. “Kalikan dibentuk sebagai wadah penghasil ikan hias di Indonesia, karena Indonesia memiliki berbagai jenis ikan yang unik, tetapi tidak dilirik dan kalah saing dengan Singapura yang mempunyai value yang tinggi” jelasnya.

Diharapkan Kalikan Park dapat berdiri di lahan 6Ha di dekat bandara. Sehingga kehidupan ekonomi semakin berdenyut, penumpang jalur udara bertambah, akomodasi penginapan semakin ramai, penikmat ikan hias semakin bertambah, dan pengiriman ikan hias melalui kargo udara semakin dipilih.

Sampai dengan Juni 2022, nilai ekspor ikan hias mencapai USD17,61 juta dengan volume sebesar 783,95 ton dengan negara tujuan utama Amerika Serikat (11,91%), Jepang (11,58%) dan Taiwan (10,60%). Adapun jenis ikan hias yang paling diminati adalah arwana (super red dan jardini), cupang, botia, koi, maskoki, oscar dan lain-lain.

Author: Martin Jop
GO Ina

Hasil penjualan didonasikan kepada penyandang disabilitas dan juga disumbangkan kepada 10 UMKM yang dimiliki oleh penyandang disabilitas.

Details
April 27, 2024

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

GENERAL NEWS