Breaking News:
Friday, 21 September 2018
Perkuat Ketahanan Logistik Nasional, APLog dan Pindad Logistic Bersinergi

dari kiri: Direktur Utama APLog Herry A.Y. Sikado dan Direktur Utama Pindad Logistic Afriandri Rasyid melakukan penandatangan MoU Bersama di Jakarta (20/09/2018).


Pada Kamis (20 September), PT Angkasa Pura Logistik (APLog) dan PT Pindad International Logistic (Pindad Logistic) menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) di salah satu hotel di Kemayoran, Jakarta. Penandatangan MoU Bersama dilakukan oleh Direktur Utama APLog Herry A.Y. Sikado dan Direktur Utama Pindad Logistic Afriandri Rasyid, dengan disaksikan oleh Komisaris, Direksi, dan pejabat masing-masing anak usaha Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

APLog, anak usaha dari PT Angkasa Pura I (Persero), memiliki kekhususan dalam bidang freight forwarding, penanganan kargo udara, kepabeanan/ekspor impor, dan pemeriksaan barang berbahaya (dangerous goods). Sedangkan Pindad Logistic, perusahaan jasa transportasi dan logistik, anak usaha dari PT Pindad (Persero), BUMN industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial.

Kedua anak usaha BUMN "Merah Putih" tersebut meyakini bahwa kompetensi inti masing-masing perusahaan akan memberikan hasil optimal bila bersinergi. Dengan sinergi, kedua anak usaha BUMN ini diharapkan mampu merintis jalan guna dilanjutkan kerjasama yang saling menguatkan, serta dapat mengidentifikasi peluang-peluang usaha yang saling menguntungkan.

"Salah satu contoh sinergi ini, nantinya, bila Pindad Logistic ingin mengirim barang, maka dapat memanfaatkan fasilitas APLog dengan 17 kantor cabangnya, terutama di Indonesia bagian timur dan tengah. Selain fasilitas, jika Pindad Logistic butuh sumber daya manusia untuk bisnis ekspor-impor, APLog siap menyediakan tenaga ahli PPJK (Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan) ekspor-impor," kata Herry A.Y. Sikado kepada Cargo Times.

Demikian juga, lanjut Herry, APLog dapat memanfaatkan fasilitas yang dimiliki Pindad Logistic. Apalagi Pindad Logistic juga menawarkan PLB (Pusat Logistik Berikat) bila ada customer APLog yang membutuhkan penyimpanan barang di PLB miliknya.

"Pertemuan ini perlu direalisasikan. Karena selain untuk meraih pasar logistik yang besar (perkiraan tahun 2018, sekitar Rp. 2.500 triliun), sinergi ini dibutuhkan untuk kelanjutan Ketahanan Logistik Nasional. Karena sekitar 80 persen dari Top 50 perusahaan logistik internasional sudah hadir di Indonesia," kata Afriandri Rasyid di acara penandatangan MoU Bersama.

Menurut Dirut Pindad Logistic, sinergi dan tantangan yang dihadapi butuh koloborasi, baik dengan perusahaan logistik negara maupun swasta nasional.

Author: Martin Jop
GO Ina

Bea Cukai fasilitasi pengiriman 900 paket parasut untuk Air Drop bantuan kemanusiaan yang dilakukan TNI melalui pesawat TNI AU di Gaza, Palestina

Details
April 12, 2024

Monitoring juga memastikan untuk meningkatkan kualitas layanan pendukung yang diberikan kepada penumpang dan pengguna bandara secara keseluruhan.

Details
April 9, 2024

Menjelang buka puasa, anak-anak binaan Yayasan Kumala mengikuti sosialisasi pemilahan sampah yang kemudian dilombakan secara berkelompok

Details
April 5, 2024

TIKI siap menjadi mitra pengiriman yang andal bagi seluruh masyarakat Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri

Details
April 4, 2024

GENERAL NEWS