Friday, 28 September 2018
Stakeholders Kargo Udara Optimis Bali Akan Jadi Hub Transshipment Terbaik di Dunia

Belum lama iniini, PT. Angkasa Pura Logistik (APLog), anak usaha dari PT. Angkasa Pura I (Persero) yang bergerak dalam bidang logistik dan transportasi, dan flag carrier, Garuda Indonesia mengadakan kerjasama layanan air transshipment di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS) Bali. 

Para pelaku berkepentingan di bandara ‘Pulau Dewata’ itu, khususnya di sektor kargo udara, sangat mendukung layanan terbaru yang digerakkan oleh APLog dan optimis layanan transshipment itu akan menjadi pionir untuk bandara-bandara internasional lainnya di Indonesia.

Sigit Herdiyanto, Co. General Manager Angkasa Pura 1, Bandara Gusti Ngurah Rai mengatakan: "Khusus transportasi udara, Indonesia yang mempunyai beberapa bandara internasional, sampai saat ini belum memanfaatkan fungsi layanan air transshipment dengan baik seperti negara-negara lain, bahkan dengan negara tetangga sesama Asia Tenggara".

Padahal bandara kelas internasional adalah tempat singgah kargo udara yang memiliki potensi keuntungan yang besar. Selain itu, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia menjadi sangat potensial untuk kegiatan air transshipment tersebut.

Sigit melanjutkan, Pulau Bali sudah sangat tenar sebagai tujuan wisata di dunia, dan pesawat-pesawat terbang berbadan lebar kebanyakan mendarat di Bali untuk mengantar penumpang wisatawan. Sementara badan (belly space) pesawat terbangnya sendiri belum dioptimalkan. Ruang itu masih sangat berpotensi diisi dengan kargo yang hendak melanjutkan penerbangan ke tujuan berikutnya.  “Peluang dan potensi inilah yang harus dilihat dan direspon secara positif,” katanya.

Sedangkan, R. Syarif Hidayat, Kepala Kantor Bea Cukai Wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur mengatakan: “Kita sudah menyiapkan Regulasi dan Infrastruktur yang memadai untuk transshipment. Dengan keunggulan kita di Indonesia dan Bali secara khusus, kedepannya 'Pulau Dewata' ini nanti akan menjadi hub transshipment terbaik di dunia.” 

Dia melanjukan, bahwa Direktorat Jendral Bea Cukai (Kementrian Keuangan) sudah mengatur regulasi dengan jelas untuk transshipment ini. Karena Indonesia menjadi daerah potensial untuk pengembangan air transshpment baik sebagai negara asal, negara tujuan, maupun negara transit.

Syarif Hidayat menjelaskan ada beberapa keunggulan air transshipment, diantaranya:

- menurunkan biaya pengiriman kargo melalui udara,

- sebagai alternatif ketika di sebuah bandara sedang terjadi peak season, dan,

- membantu kegiatan pengiriman barang dari suatu daerah yang tidak pakai kapal laut sebagai moda angkutan barang.

Author: eko nugroho
GO Ina


Direktur Utama Angkasa Pura 1 Faik Fahmi mengatakan, "pihaknya kehilangan pendapatan mencapai Rp 300 miliar sejak awal tahun hingga Mei 2019."

Details
May 22, 2019

“Kementerian Perhubungan menyadari keluhan Pengusaha Hotel yang terus disampaikan adanya penurunan tingkat hunian hotel karena mahalnya harga tiket pesawat." demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono di Jakarta, Selasa (22/5). 

Details
May 22, 2019

“Kami pastikan Pilot dengan inisial IR itu bukan Pilot Sriwijaya Air maupun NAM Air,” kata Retri Maya, Vice President Corporate Secretary Sriwijaya Air.

Details
May 21, 2019

Pada kesempatan yang khusus ini saya akan menyampaikan kepada Cargo Times "ICAC kedepannya akan mengadakan terobosan-terbosan baru, salah satunya adalah diselenggarakan untuk pertama kalinya di Indonesia, yaitu Indonesia Airlines Cargo Award dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2019 yang akan datang, tujuan kami adalah  melihat bagaimana kinerja dari Airlines ini kepada para konsumenya dan seberapa tanggapnya mereka terhadap keluhan kami tersebut" jelas Adrian Dwitomo, Ketua Panitia Buka Bersama ICAC (15/5).

Details
May 20, 2019

GENERAL NEWS